Senin, 22 Apr 2019 20:13 WIB

Dibuat di China, Bluebird Percaya Kualitas BYD Sudah Terjamin

Ridwan Arifin - detikOto
Taksi listrik BYD e6, armada baru Bluebird Foto: Agung Pambudhy Taksi listrik BYD e6, armada baru Bluebird Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - BYD (Build Your Dream) merupakan salah satu pabrikan otomotif terbesar di China, salah satunya memproduksi mobil penumpang berbasis tenaga listrik. Perusahaan taksi Blue Bird Group mengumumkan secara resmi bakal menggunakan model listrik BYD e6 sebagai taksi reguler Bluebird, dan juga SUV Tesla Model X 75D sebagai taksi eksekutif silver bird.

Direktur PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono mengatakan tidak menganggap sebelah mata produk dari China. Ia pun merasa taksi BYD yang didatangkan langung dari China ini sudah teruji kualitasnya.


"Kalau yang bluebird (BYD) kita beli dari China, kalau yang Tesla kita ambil dari U.K karena Stir kanan," ujar Andrianto di acara peluncuran taksi listrik Bluebird di Mampang, Jakarta Selatan, Senin (22/04/2019).

"Seperti yang tadi pak Jonan (Menhub) sudah sampaikan kita perlu pastikan kualitasnya sudah teruji. Kedua jenis kendaraan ini sudah teruji ke luar negeri dipakai untuk kendaraan umum juga," jelas Adrianto.

Saat ini Bluebird menyiapkan 25 unit BYD E-6 dan lima unit model Tesla X 75 D sebagai tahap awal. Kedua armada baru Bluebird ini masuk ke dalam divisi e-taxi yang mulai melayani masyarakat pada 1 Mei 2019. Soal spesifikasi, Andrianto mengungkapkan tidak ada yang dirubah dari negara asalnya.

"Tidak ada penyesuaian, ini masih standar yang bisa didapat oleh publik di luar Indonesia. Jadi speknya sama tidak ada yang dinaikan atau diturunkan juga," ucap Andrianto.

BYD e6 berbentuk crossover SUV dengan interior yang lapang. Di beberapa negara, mobil ini memang dijadikan taksi.

Merujuk data spesifikasi secara global, sebagai mobil listrik dengan jarak tempuh panjang, BYD e6 bisa menjangkau jarak 400 km dalam satu kali pengisian baterai. Baterai BYD Iron Phosphate (Fe) berkapasitas 80 kWH pada mobil ini bisa dicas hanya 2 jam pakai charger V2G 480 VAC 3 phase.


Berkat motor listrik tipe AC Synchronous Motor (Brushless), mobil ini bisa berlari sampai kecepatan maksimal 140 km/jam. Akselerasi 0-60 km/jam hanya 7,69 detik. Tenaga maksimal mobil listrik ini mencapai 121 daya kuda dengan torsi maksimal 450 Nm.

Kabin BYD e6 bisa menampung lima orang. Taksi listrik ini mampu mengangkut beban total 375 kg termasuk penumpang dan bagasi.

Perusahaan transportasi yang menuju umur ke 47 tahun ini berencana bakal menambah 200 unit armada listrik di tahun 2020. Kemudian pada tahun 2025, hendak membirukan langit jakarta dengan mengoperasikan 2 ribu unit mobil listrik. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com