Kamis, 18 Apr 2019 16:10 WIB

Jerman Saja Tak Lagi Terapkan SIM Seumur Hidup

Ridwan Arifin - detikOto
Uji Praktik SIM di Indonesia Foto: Rachman Haryanto Uji Praktik SIM di Indonesia Foto: Rachman Haryanto
Berlin - Jerman memang diketahui pernah menerapkan Surat Izin Mengemudi (SIM) seumur hidup. Namun sejak tahun 2013, negeri Bavarian itu mengubah aturan sehingga SIM harus diperpanjang memiliki masa kedaluwarsa setelah 15 tahun sejak diterbitkan.

Mengutip dari NTV, hal ini dilakukan untuk mengikuti aturan yang diberlakukan Uni Eropa. Lisensi mengemudi yang dikeluarkan sebelum 19 Januari 2013 akan berakhir selambat-lambatnya 19 Januari 2033.



Artinya dengan aturan tersebut setiap pemilik SIM di Jerman wajib memperbaharuinya setiap 15 tahun sekali. Ini berlaku untuk hampir semua orang yang mengajukan SIM di Jerman, tidak peduli dari negara yang bukan negara UE.

Artinya meskipun SIM adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pihak berwenang, namun validitasnya sangat terbatas sebagai kartu identitas.

Sisi lain juga diketahui bahwa untuk bisa mendapatkan SIM di Jerman bukanlah perkara mudah dan murah. Melansir dari Wikipedia dan German Ways disebutkan bahwa setiap calon pemilik SIM diharuskan mengikuti sekolah mengemudi agar dapat melewati ujian tertulis dan praktik dengan lancar.



Dalam laporan Autobild disebutkan bahwa jika tidak tidak segera lulus ujian teoretis atau praktis, para calon pemilik SIM dapat memulai sejumlah percobaan lebih lanjut. Namun, ada lagi biaya yang sama.

Lebih lanjut disebutkan bahwa dalam kasus apa pun, otoritas ujian memiliki biaya tambahan (teori sekitar 20 euro, berlatih sekitar 90 euro), dan juga sebagian besar sekolah mengemudi berupaya lebih keras pada tagihan. Dalam arti mereka yang gagal dalam SIM akan membutuhkan lebih banyak pelajaran mengemudi, yang juga harus dibayar.

Jika siswa memenuhi semua kriteria yang disyaratkan, lisensi diserahkan oleh inspektur. Jika siswa, dengan alasan apa pun, tidak diizinkan untuk memegang lisensi pada saat ujian yang berhasil (misalnya karena ia belum mencapai usia minimum), lisensi tersebut akan dikirim ke Kraftfahrzeug-Zulassungsbehörde.

Disebutkan bahwa biaya memperoleh lisensi untuk mengendarai mobil rata-rata 1.400 euro (USD 1.800 pada September 2014) atau sekitar Rp 25 juta.

Ketatnya seleksi SIM di Jerman turut dibarengi fasilitas seperti Autobahn, sebuah ruas jalan yang tak memiliki batas kecepatan memiliki panjang total sekitar 13.000 km (12.996 kilometer (8.075 mi) pada 2017. Bisa dibayangkan apabila seorang amatiran melintas, berlakunya SIM seumur hidup yang sempat diberlakukan, turut dibarengi dengan sulit mendapatkannya.

Tonton juga video tutorial cara perpanjangan SIM berikut ini:

(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed