Wuss! Mulusnya Tol Terpanjang Indonesia

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Rabu, 20 Mar 2019 07:43 WIB
Wuss! Mulusnya Tol Terpanjang Indonesia
Foto: dikhy sasra

Meski sudah beroperasional, tol sepanjang 140,94 km itu masih terus dibangun sarana pendukungnya. Salah satunya rest area. Dengan jarak mencapai hampir 150 km, perlu rasanya tempat beristirahat untuk pengemudi.

Sayangnya, karena masih dibangun, fasilitas rest area masih terbatas. Belum ada bangunan permanen di rest area. Hanya berupa kontainer yang dipotong bagian sampingnya jadi seperti warung pinggir jalan. Alat-alat berat masih merapikan rest area dan belum diaspal.

Ada beberapa kontainer berjejer di rest area yang menjajakan aneka makanan ringan seperti mie instan, kopi, es atau sebagainya, jangan bayangkan dulu ada ayam goreng gurih seperti biasa kita jumpai di rest area lainnya ya.

Rencananya di 140 km tol bakal dibangun 6 pasang rest area. Saat ini baru terbangun 3 pasang rest area.

"Total ada 6 pasang, kita menyebutnya jalur Ambon-Bandung yaitu ke KM besar dan KM kecil. Cuma yang sudah kita siapkan sementara ini sudah ada 3 pasang, di KM33, KM 87, dan KM 116. Selebihnya masih dalam tahap pembangunan, ada yang masih dalam tahapan pembebasan tanah," ujar Kepala Cabang Ruas Bakaheuni-Terbanggi Besar (Bakter) PT Hutama Karya Hanung Hanindito saat ditemui detikcom pekan lalu.

Meski sederhana, pengguna tol bisa menggunakan fasilitas kamar mandi, tempat ibadah dan SPBU. Namun dari pantauan detikcom, fasilitas SPBU baru ada di rest area KM 87 dan 116.

Ke depan, Hutama Karya berjanji akan memberikan porsi yang lebih besar kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di rest area tol Bakter.

"Kami akan berikan UMKM setempat untuk mengisi tempat kami, porsinya akan lebih besar. Sebesar kurang lebih 70%, kita belum menentukan apa yang akan masuk yang pasti akan diberikan untuk UMKM," ujarnya.