Jumat, 22 Feb 2019 13:22 WIB

Gerakan Sadar Tertib Lalu Lintas Kaum Millenial

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Di Indonesia, kecelakaan lalu lintas paling banyak dilakukan oleh kaum remaja atau millennial dalam rentang umur 17 tahun sampai 35 tahun. Agar kalangan milenial makin aman di jalanan, Korps Lalu Lintas (Korlantas), Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK), dan Relawan Lalu Lintas (RELASI) menggelar Millenial Road Safety Festival 2019.

Dengan Millenial Road Safety Festival 2019 para penyelenggara berharap para kaum millennial teredukasi dan tersadar akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas sehingga berkurangnya tingkat kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh kaum millennial itu sendiri.




Beberapa alasan dilaksanakannya Millenial Road Safety Festival 2019 adalah Menurut WHO dan PBB, kecelakaan lalu lintas merupakan urutan ke-5 paling banyak yang menyebabkan manusia meninggal dunia. Selain itu, menurut amanat UU NO. 22 Tahun 2009 pasal 203, pemerintah bertanggung jawab atas terjaminnya keselamatan lalu lintas angkutan jalan.

Program-program Road Safety pun juga dicanangkan dalam RP JMN Tahun 2015 sampai 2019 berdasarkan PERPRES No. 2 tahun 2015. Dan yang paling penting, hal ini merupakan betuk implementasi dari program kerja Korlantas Polri yaitu road safety menuju zero accident sebagai berkelanjutan tahun keselamatan untuk kemanusiaan.

Millenial Road Safety Festival 2019 ini diselenggarakan serentak di 34 Provinsi termasuk DKI Jakarta yang dimulai dari tanggal 1 Februari 2019 sampai 31 Maret 2019.



Ada banyak jenis kegiatan yang diselenggarakan di dalam Millenial Road Safety Festival 2019. Salah satunya adalah perlombaan. Ada 6 kategori kegiatan yang diperlombakan pada Millenial Road Safety 2019. Perlombaan tersebut adalah pembuatan vlog, pembuatan blog, fotografi, desain poster, jingle competition, video pendek, dan mural competition.

Untuk wilayah DKI Jakarta, pendaftaran perlombaan dimulai dari tanggal 1 Februari 2019 dan ditutup pada 10 Maret 2019. Pendaftaran perlombaan dibuka untuk umum dan gratis namun tidak diperuntukan bagi TNI/Polri tetapi dapat berkolaborasi dengan kepolisian. Perlombaan ini tidak hanya diperuntukkan bagi warga DKI Jakarta namun warga Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Selain itu, akan ada acara puncak pada Minggu, 31 Maret 2019 di Monumen Nasional, Jakarta yang nantinya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Di dalam acara puncak ini, akan ada penampilan hasil karya-karya yang telah dibuat oleh para peserta dari 6 cabang lomba.


Simak Juga 'Pesan Tertib Lalu Lintas Unik dari Polisi Blitar':

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed