Senin, 18 Feb 2019 16:04 WIB

Jokowi Sebut B100, Pengusaha Bus: Mesin Diesel Akan Kiamat

Ridwan Arifin - detikOto
Biodisesel, B100. Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban Biodisesel, B100. Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban
Jakarta - Calon Presiden (Capres) Joko Widodo nomor urut 01 menyampaikan visi misinya dalam debat capres jilid II di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019) semalam. Dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan ingin mengurangi ketergantungan dengan penggunaan bahan bakar fosil.

"Biodiesel, biofuel sudah kita mulai melakukan produksi B20 kita teruskan sampai B100. Sehingga ketergantungan energi fosil akan dikurangi dari tahun ke tahun," ujar Jokowi di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Menanggapi hal tersebut, salah satu anggota Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kurnia Lesani Adnan yang juga memiliki bus Antar Kota Provinsi (AKAP) melihat hal tersebut akan sulit terwujud dalam waktu dekat.



"Menurut saya, bukan sebagai anggota tim kampanye dari kubu mana pun, kalau sampai biodiesel sampai 100 persen dilakukan, mesin diesel pasti kiamat. Mau teknologi apa pun pasti teknologi tidak bisa," ujar Kurnia kepada detikOto melalui sambungan telepon, Senin (18/02/2019).

Menurutnya B100 bisa lebih ke arah penggunaan tenaga terbarukan bioetanol. "Bisa dicek negara mana yang bio dieselnya sampai 20, sementara yang bionya tinggi itu bioetanol. Mungkin arahnya ke sana," kata Kurnia.



Kurnia mengungkapkan sebagai pemilik bus dirinya juga masih menemukan masalah soal penggunaan B20 terhadap armadanya, apalagi bila tidak apik soal perawatan. Ia menaruh perhatian dengan lebih sering mengganti filter BBM.

"Karena dengan B20 saja sudah banyak konsekuensi yang kita tanggung. Bisa mempengaruhi umur sistem pembakaran," kata Kurnia.

"Efek jangka panjangnya kalau hanya dicuci saja dan tidak diganti bisa mengakibatkan komponen ruang bakar cepat aus. Seperti injector, ring piston bahkan kemungkinan valve (katup) juga bisa terjadi kerusakan," urai Kurnia.


Simak juga video 'Bidik Perhatian Investor, 6 BUMN Gandeng Surveyor Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]


Jokowi Sebut B100, Pengusaha Bus: Mesin Diesel Akan Kiamat
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya