Kamis, 14 Feb 2019 19:01 WIB

BP-AKR Bangun 350 SPBU Dalam 10 Tahun di RI

Ridwan Arifin - detikOto
SPBU BP Foto: BP AKR Fuels Ritel SPBU BP Foto: BP AKR Fuels Ritel
Jakarta - Kini masyarakat Indonesia kehadiran SPBU baru dari hasil kerja sama British Petroleum (BP) dan PT Aneka Kimia Raya (AKR). SPBU yang kental dengan warna hijau ini rencananya akan berdiri total sebanyak 350 dalam 10 tahun ke depan.

"Kami berencana membuka 350 SPBU dalaw waktu 10 tahun di Indonesia," kata President Director PT AKR Corporindo Haryanto Adikoesomo saat konferensi pers di Glass House The Ritz Carlton Jakarta, Pacific Place Lantai 8, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (14/03/2019).



SPBU tersebut akan dioperasikan oleh PT Aneka Petroindo Raya (BP AKR Fuels Retail), sebuah perusahaan baru yang didirikan oleh joint-venture dari BP dan AKR, saat ini sudah berdiri empat tempat dan di tahun 2019 akan membangun kembali sebanyak 20 SPBU.

Berada di bawah bayang-bayang kompetitor seperti Pertamina hingga Shell membuat perusahaan minyak asal Inggris ini harus memiliki strategi untuk menggaet konsumen.



Seperti yang diungkapkan President Director, PT Aneka Petroindo Raya (APR) Peter Molloy sepeti pelayanan one stop shop.

"Di dalam Service Station atau SPBU tidak hanya disediakan tidak hanya bensin, tetapi juga misalnya coffe shop dan juga mushola, ada wifi, jadi konsepnya mudah-mudahan ini bisa memenuhi kebutuhan konsumen yang berbeda-beda," kata Peter.



Lebih lanjut soal harga dan investasi ia enggan menyebutkan lebih rincinya. Ia memastikan bahwa harga BBM yang dijualnya mengikuti aturan formula Kementerian ESDM.

"Strateginya tidak bisa diungkapkan di sini karena informasi seperti komersil sifatnya sensitif. Cara utama harus berdaya saing penetapan harganya," kata Peter.

Sebagai gambaran SPBU BP AKR Fuel Retail pertama diperkenalkan di daerah Rawa Buntu, Tangerang Selatan. Untuk harga BP RON 90, per liternya dijual Rp 10.550. BP 92 Rp 10.800 per liter, BP 95 Rp 12.350 per liter dan bahan bakar diesel dijual Rp 12.150 per liter. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com