Selasa, 12 Feb 2019 09:37 WIB

Kecelakaan Truk Banyak Disebabkan Sopir yang Lalai

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi kecelakaan truk. Foto: Akrom Hazami/detikcom Ilustrasi kecelakaan truk. Foto: Akrom Hazami/detikcom
Jakarta - Kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh truk seringkali memakan nyawa dan banyak korban. Ukuran yang besar serta muatan yang berat membuat impak dari sebuah tabrakan menjadi sangat mengerikan.

Hino sebagai pemasok kendaraan komersial seringkali bekerja sama dengan pihak kepolisian lalu lintas mengkaji penyebab dari sebuah kecelakaan truk. Dari hasil tersebut faktor utama yang menjadi penyebab adalah pengemudi yang kelelahan atau tidak memiliki kemampuan berkendara yang bagus.


"Kecelakaan lebih banyak karena fatigue atau skill itu kita sering melakukan kerjasama dengan kepolisian melihat penyebab kecelakaan. Safety driving sangat penting, human error adalah penyebab nomor satu," Senior Executive Officer After Sales PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), Irwan Supriyono saat ditemui pada konferensi pers Hino di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Faktor kelelahan dan tidak adanya pengetahuan safety driving bagi seorang supir truk menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan. Hino yang menyadari hal tersebut mencoba membangun lalu lintas truk yang lebih baik dengan mengadakan Hino Safety Driving dalam dua tahun terakhir.

"Kita berikan pelatihan pengemudi untuk mengurangi resiko kecelakaan. Memberikan pengetahuan kepada mereka seberapa pentingnya safety driving untuk keselamatan seluruh pengguna jalan," lanjut Irwan.


Selain masalah langsung yang terjadi akibat kelalaian pengemudi, perawatan truk yang tidak baik juga menjadi faktor besar penyebab kecelakaan. Irwan mengatakan banyak pemilik yang menunda-nunda waktu perawatan dan penggantian sparepart.

"Banyak juga itu konsumen yang karena banyak order atau kerjaan menunda perawatan. Kita selalu mengingatkan konsumen untuk rutin melakukan perawatan berkala," tutup Irwan.



Tonton juga video saat Truk Bonyok Ditimpa Helikopter di Brasil:

[Gambas:Video 20detik]

(rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed