Sabtu, 02 Feb 2019 16:10 WIB

Garasi Singgah Sopir Truk, Biar Nggak Ngantuk dan Melek Digital

Amir Baihaqi - detikOto
Foto: Amir Baihaqi Foto: Amir Baihaqi
Sidoarjo - Perusahaan layanan logistik berbasis aplikasi mobile Ritase terus mengembangkan ekspansi bisnisnya. Salah satunya lewat peluncuran perdana smart shelter (garasi singgah) di Surabaya.

CEO Ritase Iman Kusnadi mengatakan smart shelter perdana ini nantinya tidak hanya menjadi garasi singgah bagi para driver truk. Namun juga menjadi tempat berkumpul antar pengemudi sebelum melanjutkan perjalanan selanjutnya.

"Smart shelter Ini adalah sebuah garasi singgah di mana kita tahu Surabaya ini menjadi stop point bagi semua truk yang ada di Jawa khususnya, sebelum mereka menuju ke Indonesia Timur," kata Iman kepada detikcom disela-selq Grand Opening Smart Shelter di Desa Kemiri, Sidoarjo, Sabtu (2/1/2019).

"Di Surabaya ini menjadi titik untuk berkumpul distribusi. Di Jawa ini terbesar mulai dari Jakarta dan Surabaya. Dan mereka tempat istirahatnya di Surabaya. itu kenapa kita bikin di sini," lanjut Iman.



Iman menambahkan, fungsi lain dari smart shelter adalah sebagai tempat edukasi bagi para driver truk. Untuk itu di smart shelter nantinya selama singgah, para driver juga akan diberikan pelatihan-pelatihan untuk menambah pengetahuan dan skill digital.

"Mereka ini kan akan terima pesanan langsung dari aplikasi di handphone mereka. Jadi, kami mau ajak para mitra untuk paham dalam menggunakan teknologi digital. Karena ritase merupakan layanan logistik truk berbasis aplikasi mobile dan dekstop yang menghubungkan pengirim barang (shipper) ke pengantar barang (transporter)," terang Iman.

Sementara itu City Manager Ritase Surabaya Arief Effendy menjelaskan smart shelter memang secara khusus ditujukan bagi para mitra pengemudi Ritase. Untuk datang ke Ritase, mereka cukup menunjukkan aplikasi pengemudi dan stiker mitra di truk yang dikemudikan.

"Teman-teman driver merupakan mitra penting bagi kami. Kesejahteraan dan keamanan mereka merupakan prioritas kami. Kami berharap dengan hadirnya smart shelter ini performa pengemudi bisa terjaga saat bertugas," urai Arief.

Saat ini ritase sudah bermitra dengan cukup banyak perusahaan nasional maupun multinasional di bidang fast moving consumer goods teknologi and electronics and industrial equipment. Ritase sendiri hadir sebagai partner digital sejak 2018 untuk membantu pengemudi maupun pengusaha truk guna meningkatkan pendapatan.

"Saat ini total rekanan kita sudah ada sekitar 250 sampai 300 industri yang tersebar di seluruh Indonesia," tandas Arief. (bdh/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed