Senin, 28 Jan 2019 10:52 WIB

Antisipasi Biodiesel B20 Kotor, Saringan BBM Truk Ditambah

Ruly Kurniawan - detikOto
Mitsubishi Fuso Fighter. Foto: Ruly Kurniawan/detikOto Mitsubishi Fuso Fighter. Foto: Ruly Kurniawan/detikOto
Jakarta - Mendukung inisiasi pemerintah untuk menerapkan bahan bakar Biodiesel B20, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menyatakan armada Mitsubishi Fuso sudah siap untuk menggunakannya. Untuk antisipasi hal yang tak diinginkan, mobil kini dipasang filter tambahan.

"Pada model terbaru kita, Fighter, sudah terdapat double filter dan double water separator supaya ketika sudah diharuskan menggunakan bahan bakar Biodiesel B20, pemilik tak perlu khawatir lagi. Komponen tersebut untuk meredam kendala yang akan timbul dalam penggunaan bahan bakar itu," ujar Presiden Direktur KTB Atsushi Kurita di peresmian Mitsubishi Fuso Fighter, Jakarta.



Penggunaan Biodiesel B20 memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Salah satu kelebihannya selain dapat menghemat devisa negara adalah bahan bakar tersebut bisa menghasilkan proses oksidasi yang lebih baik ketimbang solar.

Namun bahan bakar akan lebih kotor karena dibuat menggunakan bahan dari makhluk hidup seperti sawit atau lemak hewan. Yuswadi selaku Head of Technical Service DepT KTB mengungkapkan, penggunaan Biodiesel B20 berpotensi membuat kotor tangki.



"Bisa saja terjadi (kotor), oleh karena itu kita antisipasi untuk meminimalisir dengan memasang double filter," katanya.

Patut diketahui, Mitsubishi Fuso telah melakukan uji coba terhadap Biodiesel B20. Dikatakan, bila kendaraan dipasang double filter dampak yang terjadi hampir tak ditemukan. Penggunaan B20 aman.

"Tapi kembali lagi ke daerah operasional dan penyimpanannya. Karena kan kadang ada yang beli bahan bakar di botol dan disimpan sendiri. Nah ini kadang-kadang periode pembersihan bensinnya tidak kita tahu," tutup Yuswadi.




Simak juga video '95% SPBU Pertamina Sudah Salurkan B20':

[Gambas:Video 20detik]

(ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed