Kamis, 24 Jan 2019 11:51 WIB

Waspada! Penebar Ranjau Paku Suka Beraksi di Tanggal-tanggal Ini

Luthfi Anshori - detikOto
Ranjau Paku.Foto: Luthfi Anshori Ranjau Paku.Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Ranjau paku jadi salah satu bahaya yang mengintai pengguna jalan raya. Biasanya ranjau paku ditemukan di titik-titik tertentu dengan situasi lalu lintas yang ramai.

Saat melancarkan aksinya, para oknum penebar ranjau paku tidak melakukannya setiap hari. Namun akan memilih tanggal-tanggal tertentu.

"Biasanya aksi mereka (oknum penyebar ranjau paku) dilakukan di tanggal muda. Seperti tanggal 1, 2, 3, atau 4. Karena dia mungkin punya perhitungan, orang-orang lagi pada punya banyak duit," ujar relawan Tim Saber Ranjau Paku Siswanto, di Jakarta Barat, Kamis (24/1/2019).



Menurut Siswanto, aksi penebar ranjau paku biasa dilakukan sebulan sebanyak tiga kali atau rata-rata seminggu satu kali.

"Salah satu modus mereka dengan membawa paku di kotak korek atau di kantung plastik hitam. Setelah mereka buang di tempat yang ditentukan, pokoknya sekali buang nanti dia kembali lagi. Buang lagi, ambil lagi. Biasanya mereka juga gonta-ganti motor," terang Siswanto.



Di DKI Jakarta sendiri menurut Siswanto saat ini masih ada titik-titik yang jadi lokasi favorit para penyebar ranjau paku.

"Di depan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) arah ke Polda dan sekitar Pancoran itu nggak ada habis-habisnya sampai sekarang. Di Pondok Indah juga ada. Jenis pakunya juga macam-macam, mulai jari-jari, hingga payung," pungkas Siswanto.



Tonton juga video 'Hati-hati Melintas di Flyover Tomang, Banyak Ranjau Paku':

[Gambas:Video 20detik]


Waspada! Penebar Ranjau Paku Suka Beraksi di Tanggal-tanggal Ini
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed