Sabtu, 29 Des 2018 14:58 WIB

Roller Barrier Pertama di Indonesia Sudah Mulai Terpasang

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi Royal Barrier Foto: Instagram Ridwan Kamil Ilustrasi Royal Barrier Foto: Instagram Ridwan Kamil
Jakarta - Pertama kalinya Roller Barrier atau tong pembatas jalan mulai terpasang di Indonesia, tepatnya di Cikidang, Kabupaten Sukabumi. Hal tersebut diketahui melalui akun instagram dinas perhubungan Jawa Barat @dishubjabar, yang diunggah pada Kamis (27/12/2018) lalu.

"Dipantau oleh Kadishub Jabar, Bapak Dedi Taufik, akhirnya proses pemasangan Roller Barrier (RB) dimulai," tulis akun tersebut dalam caption foto.



"RB akan dipasang sepanjang 60 meter dengan estimasi waktu pemasangan 2-3 hari," tambahnya.

Untuk diketahui jalur Cikidang memang terkenal rawan kecelakaan, jalannya yang berliku serta dikelilingi jurang membuat kewaspadaan pengemudi jadi perhatian besar. Pada September bulan lalu saja mengakibatkan bus mengalami kecelakaan yang menyebabkan 21 orang meninggal dunia.

Dengan adanya Royal Barrier tersebut diharapkan agar menimalisir jumlah angka kecelakaan.



"Doakan ya warga, agar proses pemasangan berjalan lancar dan hasilnya bisa bermanfaat untuk mengurangi kecelakaan di jalan besar antar kota dan antar provinsi yang berliku dan melewati jurang," tulis akun @dishubjabar.

Ide tersebut muncul dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunggah dalam laman instagramnya untuk memasang roller barrier atau pembatas jurang dari tabung silinder di sejumlah ruas jalan di daerah Jawa Barat, pada 11 September 2018.

Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil menyebut Teknologi tersebut dianut dari negara Korea Selatan. Pada praktiknya Pagar pembatas itu diklaim lebih aman karena bisa menyerap energi benturan dan kemudian menjadi energi rotasi sehingga kendaraan bisa kembali terdorong ke jalurnya.

[Gambas:Instagram]

(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed