Kamis, 29 Nov 2018 17:46 WIB

Berapa Ukuran Ban yang Paling Hemat BBM?

Rizki Pratama - detikOto
Peserta kontes mobil hemat energi di Padang, Sumbar (Foto: Jeka Kampai) Peserta kontes mobil hemat energi di Padang, Sumbar (Foto: Jeka Kampai)
Padang - Lewat berbagai penelitian diketahui ban memiliki andil dalam penghematan bahan bakar saat berkendara. Selain kandungan bannya sendiri, ukuran ban pun sangat berpengaruh dalam menghemat tenaga kendaraan.

Jika diperhatikan tim-tim yang berlaga di kompetisi kendaraan hemat energi tingkat Asia bahkan Dunia menggunakan ban berukuran 16 inci.

"Ada alasan kenapa ban rim 16 inchi banyak digunakan karena momen inersia (ukuran kelembaman suatu benda untuk berotasi terhadap porosnya) paling optimal ada pada ban rim 16 dibanding rim 17 atau 14, dimana pada akhirnya kerja mesin jadi lebih ringan sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih irit," jelas Technical Service Department Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) Jimmy Handoyo saat ditemui di Padang di sela-sela kontes Mobil Hemat Energi di Universitas Negeri Padang.

PT SRI menyuplai ban FDR untuk peserta Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) di Universitas Negeri Padang (UNP) yang berlangsung dari tanggal 28 November hingga 2 Desember 2018. FDR menyuplai 140 ban prototype dengan kembangan Sport MP27 untuk kelas urban dan 20 ban prototype radial untuk prototype. Dukungan untuk ban ini juga bertujuan sebagai bahan riset dan pengembangan ban FDR untuk inovasi ke depannya.

"Ini adalah tahun ketiga FDR mensponsori Kontes Mobil Hemat Energi dan tahun ini kami hadir dengan inovasi baru untuk ban berteknologi hemat bahan bakar, yaitu ban prototype radial," kata Promotion Department PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI), Elsafan Rendianto, melalui siaran pers.



Saat ini ban prototype radial ini dirancang sebagai ban tubetype alias ban yang membutuhkan ban dalam karena melihat dari kondisi tim-tim yang berlaga di KMHE sebagian besar menggunakan pelek jari-jari. "Namun, kita bisa melakukan perubahan jika ada kebutuhan agar ban tersebut jadi ban tubeless," tambah Jimmy.

Selain menyediakan ban prototype untuk seluruh tim yang berlaga di kelas Urban, FDR juga siap dengan dukungan teknis seputar ban, seperti penggunaan tekanan angin ban hingga jasa bongkar pasang ban prototype.



Sebanyak masing-masing 37 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia akan bersaing di kelas Protype dan Urban untuk memperebutkan gelar juara sebagai kendaraan dengan penggunaan bahan bakar paling hemat. (rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com