Jumat, 16 Nov 2018 14:17 WIB

Parkir Sembarangan di Bandung, Siap-siap Pentil Ban Dicabut

Tri Ispranoto - detikOto
Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Sebanyak tiga mobil terkena sanksi Operasi Cabut Pentil (OCP) pertama kali. Ketiga mobil tersebut parkir di bawah rambu larangan parkir di Jalan LL RE Martadinata (Riau), Kota Bandung.

OCP yang dipimpin langsung Wali Kota Bandung Oded M Danial dan Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Imam Sugema itu diawali dengan apel tim gabungan di Mapolrestabes Bandung. Selanjutnya tim bergerak mencari sasaran di sepanjang Jalan Riau.

Sesampainya di depan RS Gigi dan Mulut, tim menemukan tiga kendaraan roda empat yang parkir di bawah rambu larangan. Sebelum ditindak, petugas berupaya mencari pemilik kendaraan. Namun setelah ditunggu tidak ada yang datang atau mengaku pemilik kendaraan.



Akhirnya ketiga mobil tersebut mendapat sanksi cabut pentil. Tapi tidak seperti rencana awal, untuk tahap pertama hanya satu ban yang dicabut pentilnya hingga benar-benar kempis. Tidak hanya itu setiap mobil diberi stiker sebagai tanda bahwa sanksi tersebut resmi dilakukan oleh tim.

Awal Operasi Cabut Pentil, Tiga Mobil di Jalan Riau Jadi SasaranFoto: Tri Ispranoto


Setelah melakukan penindakan terhadap tiga mobil tersebut, kegiatan tim untuk sementara dihentikan. Tim akan kembali bergerak pada Jumat siang mulai pukul 14.00 WIB atau setelah Salat Jumat.

Usai kegiatan, Oded mengatakan OCP diharapkan bisa membuat efek jera pada warga, pendatang dan wisatawan di Kota Bandung. Selain itu OCP juga diharapkan menjadi edukasi agar tertib parkir kendaraan.

"Kami harap OCP ini bisa lebih menguatkan peran pemerintah dalam hal menghadirkan solusi kemacetan di Kota Bandung," katanya, Jumat (16/11/2018).



Oded memastikan OCP akan dilakukan di semua titik terutama yang kerap terjadi kemacetan karena parkir sembarangan atau parkir liar. "Intinya OCP ini diharapkan warga menyadari bahwa ada sebuah peraturan agar parkir bisa tertib dan lalu lintas lancar," ucapnya.




Tonton juga 'Cegah Mobilnya Diderek, Pemobil Ini Nangis di Hadapan Petugas':

[Gambas:Video 20detik]

(tro/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com