Rabu, 14 Nov 2018 16:59 WIB

Tidak Mau Kelilit Hutang karena Kredit Kendaraan, Ini Caranya

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi kendaraan Foto: dok detikOto Ilustrasi kendaraan Foto: dok detikOto
Jakarta - Kredit kendaraan adalah pilihan tepat bagi pembeli yang memiliki keterbatasan finansial untuk pembelian secara kontan. Namun untuk menyicil tidak begitu saja dilakukan tanpa perhitungan dan pertimbangan yang tepat agar tidak terlilit hutang.



"Membeli kendaraan itu mempertimbangkan banyak hal, orang member kredit juga mempertimbangkan banyak hal," ujar Chief of Financial Officer Adira Finance, I Dewa Made Susila.

Salah satu pertimbangan yang harus menghitung adalah berapa pendapatan rata-rata per bulan yang bisa dihasilkan oleh calon pembeli. Perlu diingat kebutuhan utama adalah kebutuhan pokok seperti bahan pangan dan sandang. "Kalau mau kredit itu balik lagi dari pendapatan terhadap pengeluaran. Karena kredit itu membayar jadi pertama harus diamankan dulu kebutuhan dasar," kata Dewa.



Dewa mensimulasikan dari pendapatan minimal satu per tiga dari penghasilan bisa dialokasikan untuk kebutuhan pokok sehari-hari. "Biasanya itu sepertiga kebutuhan dasar terpenuhi, jadi kan punya dua per tiga, nah dari sana setengahnya bisa untuk akumulasi kekayaan contohnya invest seperti membeli rumah. Nah sisanya diapaki untuk emergency, kalau bisa membagi seperti itu aman untuk kredit."

Selain itu kredit kendaraan akan lebih mudah bagi mereka yang menggunakan kendaraan untuk hal yang sifatnya produktif. Selain mempermudah pencicilan kendaraan bisnis akan lebih cepat berkembang dengan melakukan kredit tanpa harus mengumpulkan uang untuk pembayaran kontan.

"Kredit bagus untuk produktif. Kredit ngga selalu jelek karena itu memungkiinkan kita berbisnis tanpa harus mengumpulkan duit dulu seratus persen. Misalnya mau bisnis rasio seratus punya duit 50, 50nya pinjaman masih bisa. Jadi tujuan kredit itu mempercepat pertumbuhan bisnis," ungkap Dewa



Tidak Mau Kelilit Hutang karena Kredit Kendaraan, Ini Caranya
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed