Senin, 22 Okt 2018 17:06 WIB

Motor dan Mobil Suzuki Buatan Indonesia Dikirim ke-97 Negara

Ridwan Arifin - detikOto
Ertiga Buatan Pabrik Suzuki di Indonesia. Foto: Rengga Sancaya Ertiga Buatan Pabrik Suzuki di Indonesia. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) secara perdana mengirim produksi All New Ertiga dengan target 12.000 unit. Kementrian Perindustrian mengapresiasi usaha Suzuki untuk mengikuti kebijakan industri 4.0 yakni Industri otomotif menjadi salah satu penggerak ekonomi dalam negeri dengan perannya sebagai pemain terkemuka dalam kegiatan ekspor.


"Ya jadi ini ekspor dari industri otomotif yang merupakan bagian dari prioritas di Industri 4.0 itu menunjukkan kalau ekspor ini berjalan terus," ucap Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di sela-sela acara "Suzuki Export Ceremony All New Ertiga & Scooter Nex II from Indonesia to the World" di Pabrik Suzuki Cikarang, Senin (22/10/2018).

"Dan apa yang disampaikan pak presiden kunci dari ekspor adalah investasi, oleh karena itu ini ekspor perdana dari Ertiga dan motor Nex II ke Filipina," tambah Airlangga.

"Dengan demikian 30% daripada produksi Suzuki ini diekspor ke mancanegara ke 97 negara, dan itu nanti ditargetkan target ekspornya di 2022 target ekspornya Rp 11,3 triliun," ungkapnya.

Sejak pertama kali diperkenalkan Suzuki Ertiga hingga 2018, PT SIM sudah mengirim sebanyak 42.158 unit ke 28 negara.

Dalam acara peresmian tersebut dimaksudkan untuk mengawali ekspor dengan target 12.000 unit All New Ertiga ke Meksiko, Filipina, dan 20 negara lainnya yang tersebar di benua Asia, Amerika Latin, dan Oceania.


Bersamaan dengan hari ini, Suzuki turut mengapalkan Suzuki Nex II ke Filipina dalam bentuk CBU. Untuk ke depannya, Suzuki akan mengekspor NEX II dalam bentuk CKD ke kamboja.

Sejak Agustus 2018 Suzuki sudah mengekspor sebanyak 4.456 unit. Hingga maret 2019, Suzuki menargetkan akan mengekspor 18.660 unit Nex II ke dua negara tersebut. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed