Kamis, 04 Okt 2018 18:57 WIB

Di Lokasi Ini Bakal Didirikan Ribuan SPLU Kendaraan Listrik

Rizki Pratama - detikOto
SPLU di Gedung Summitmas Tower II, Jalan Sudirman Jakarta (Foto: Khairul Imam Ghozali) SPLU di Gedung Summitmas Tower II, Jalan Sudirman Jakarta (Foto: Khairul Imam Ghozali)
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Dalam rangka menyambut pasar mobil listrik di Indonesia pemerintah tengah gencar melakukan pengembangan dan pengkajian mengenai kesiapan Indonesia menggunakan mobil listrik. Mulai dari sisi ekonomis hingga keamanan dan kelestarian lingkungan turut serta berbagai regulasi terkait penerapan teknologi mobil listrik.

Salah satu usaha pemerintah adalah meyediakan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di sejumlah lokasi. Penyediaan infrastruktur SPLU dan pengaturan tarif tenaga listrik yang diberlakukan pada infrastruktur SPLU diatur pemerintah.

Sesuai ketentuan keselamatan ketenagalistrikan fasilitas pengisian meliputi catu daya listrik dan kotak kontak dan atau tusuk kontak. Untuk penukaran baterai atau media penyimpanan energi listrik telah disusun oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN).



Direktur Jenderal Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengatakan SPLU akan tersedia di di SPBU, SPBG, Kantor Pemerintah Pusat dan daerah, pusat perbelanjaan, dan parkiran umum pinggir jalan raya.

Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Rida Mulyana Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Rida Mulyana Foto: Ari Saputra


"Biasanya kan isi BBM di SPBU jadi supaya tidak perlu repot lagi kita tempatkan salah satunya di sana. Nanti selain isi bahan bakar akan ada slot untuk charging juga," ujar Rida yang menjadi pembicara di acara diskusi mobil listrik bersama detikcom dan CNN Indonesia di Hotel Century, Jakarta (4/9/2018).



Untuk penyediaan SPLU di SPBU pemerintah sudah menugaskan Pertamina untuk bekerja sama dengan PLN (Persero). Selain Pertamina ESDM juga membuka peluang untuk Badan Usaha yang bergerak di bidang energi lainnya yang sudah memiliki Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (IUPTL).

ESDM sendiri menargetkan membangun Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) untuk kendaraan bermotor listrik menjadi sebanyak 1.000 unit pada tahun 2025. Sehingga diharapkan pada 2050 ada 10.000 SPLU yang sudah tersedia di tempat umum. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed