Rabu, 26 Sep 2018 19:36 WIB

Amankah Cuci Mobil Robotik dari Sengatan Listrik?

Dina Rayanti - detikOto
Cuci mobil konvensional. Foto: Agung Pambudhy Cuci mobil konvensional. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Mencuci mobil secara robotik sudah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir. Daripada mencuci mobil secara konvensional, membersihkan mobil dengan menggunakan tenaga robot membuat pengendara tak perlu repot.

Hanya duduk manis di mobil dalam kurun waktu beberapa menit, maka mobil sudah selesai dicuci. Menggunakan sistem robotik tentunya banyak kelistrikan yang tersemat di dalamnya. Lantas amankah mencuci mobil secara robotik dari sengatan listrik.


"Jika area sudah mendapatkan jaminan aman dari hantaran listrik maka kegiatan mencuci bisa dibilang aman meski menggunakan unsur robotik," ungkap Instruktur Safety Driving Rifat Drive Labs Andry Berlianto kepada detikOto, Rabu (26/9/2018).

Kejadian tersengat listrik saat mencuci mobil ini baru saja dialami oleh kakak kandung Syahrini, Ridwan Zaelani.

Kala itu ia sedang mencuci truk trontonnya dan tersengat listrik. Melihat kronologis yang dijabarkan Polres Bogor, tampaknya kejadian itu bukan disebabkan oleh e dalam mobil. Melainkan aliran listrik di sekitar tempat kejadian.


"Sewaktu korban An. Ridwan Zaelani (41) dan temannya An. Deden Edi Rustandi (36) sedang mencuci mobil tronton Mitsubishi Tronton, warna kuning No. Pol. B-9031- SYV kemudian korban menyuruh temannya untuk menaikkan Bak truk yang sedang dicuci, dan tanpa diduga bak truk mengenai arus listrik tegangan tinggi, sehingga korban An. Zaelani langsung meninggal dunia di tempat kejadian," tutur Kasubag Humas Polres Bogor, AKP Ita Puspita Lena. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com