Pertalite Makin Diminati Masyarakat RI

Rizki Pratama - detikOto
Rabu, 26 Sep 2018 09:58 WIB
BBM jenis Pertalite. Foto: Ahmad Bil Wahid/ detikcom
Jakarta - Minat masyarakat terhadap bahan bakar minyak jenis Pertalite semakin meningkat. Hal ini terlihat dari pertumbuhan konsumsi Pertalite di provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten yang naik hingga 37% pada Agustus 2018 dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Menurut Unit Manager Communication & CSR MOR III Dian Hapsari Firasati, kenaikan konsumsi Pertalite terjadi paling besar di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Barat.


"Wilayah lainnya juga mengalami kenaikan namun di dua wilayah ini yang paling pesat pertumbuhannya," ujarnya.

Dian menambahkan pertumbuhan konsumsi Pertalite utamanya didorong oleh kesadaran masyarakat untuk menggunakan bahan bakar dengan kualitas yang lebih baik. Hal ini juga didorong oleh karakter mesin kendaraan masa kini yang mensyaratkan BBM dengan kualitas yang lebih tinggi.

"Minat masyarakat yang semakin tinggi ini juga kami imbangi dengan peningkatan pelayanan seperti pengiriman dan kualitas pelayanan di SPBU," tambahnya.


Pertalite merupakan alternatif dari bahan bakar bersubsidi yang lebih aman digunakan karena memiliki oktan yang lebih tinggi daripada premium. Oktan yang tinggi pada bahan bakar akan menghasilkan pembakaran yang lebih baik dan lebih sedikit menyisakan residu sehingga menjaga kondisi mesin motor tetap dalam kondisi prima.

"Karena harga Pertalite lebih terjangkau daripada Pertamax, jadi pertalite bisa jadi solusi untuk bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi daripada premium," ujar salah seorang pengguna Pertalite, Ogi. (dry/ddn)