Rabu, 19 Sep 2018 17:01 WIB

Oli Bekas Sebagai Bahan Bakar?

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi Pelumas Foto: Mindra Purnomo Ilustrasi Pelumas Foto: Mindra Purnomo
Jakarta - Jika anda pemilik kendaraan tentu sudah tidak asing dengan yang namanya pelumas atau oli. Karena bagaimana pun pelumas dan oli merupakan peranti yang digunakan untuk mereduksi gesekan yang dihasilkan oleh mekanisme mesin. Selain itu oli juga mampu meminimalisir suhu panas yang dihasilkan pada saat pembakaran.



Meskipun oli mampu mendinginkan pada dasarnya zat ini berasal dari minyak bumi yang bisa terbakar. Oleh karena itu sejumlah orang menggunakan oli bekas sebagai bahan bakar alternatif untuk menghemat biaya. "Saya pernah tanya ke pengepul yang bertugas mengambil oli bekas di bengkel ini, katanya oli bekas juga bisa dipakai untuk blower bahan bakar solar tambahan mesin di pabrik," ungkap Kepala Bengkel Tunas Dwipa Matra, Syafii.

Penggunaan oli bekas untuk mesin diesel menjadi solusi untuk menekan biaya operasional. Biaya yang murah juga disebabkan karena oli bekas dikategorikan sebagai limbah yang sudah tidak bernilai lagi.



Oli bekas tergolong memiliki oktan yang sangat rendah sehingga akan memperlambat pembakaran. Lamanya pembakaran tentu semakin menghemat penggunaan bahan bakar yang digunakan. Namun oktan rendah cenderung akan memberikan resiko pengendapan sisa pembakaran pada mesin.

Selain beberapa risiko di atas mesin yang menggunakan oli bekas sebagai bahan bakar akan lebih cepat panas dan berpotensi merusak piston. (lth/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed