BMW Mulai Pamer Produksi Melalui Printer 3D

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 18 Sep 2018 08:47 WIB
Sasis hasil digital print 3D Foto: dok. Atlas
Jakarta -
Printer 3D sudah bisa digunakan untuk membuat aneka barang, termasuk komponen kendaraan. Printer 3D itu mulai digunakan oleh produsen motor Jerman, BMW. Beuh, keren habis.

Seperti dikutip visordown, Selasa (18/9/2018), BMW memperlihatkan frame dan swingarm yang diproduksi dengan printer 3D di Marseille beberapa hari yang lalu.

Sasis hasil print 3DSasis hasil print 3D Foto: dok. Atlas
Untuk bisa memproduksi frame dalam 3 part BMW S1000RR, BMW menghabiskan 50 micron layers. Printing 3D ini menghasilkan rails dan headstock bersamaan lalu disatukan dengan cara dilas. Sistem ini bisa menjadi satu bagian. Printer 3D memungkinkan kita untuk menyesuaikan bagian, membuat desain yang unik, dan menghasilkan bentuk yang akan sangat sulit atau tidak mungkin untuk dibuat dengan cara lain. Sehingga mempermudah produksi.

BMW belum menyebutkan kapan mereka akan mulai memproduksi motor dengan cara ini, tapi pastinya akan sangat mahal. Untuk frame saja, BMW menggunakan alat seharga 1 juta poundsterling.

Namun seperti yang disampaikan 3D Speciaists, Torsten Burkert, sistem ini mempermudah produksi BMW terutama dalam menghemat waktu. Bahkan keuntungan lain, sistem ini bisa memproduksi part-part kendaraan lama.
Selain itu dikatakan sistem ini sangat memungkinkan untuk bisa diterapkan dalam produksi BMW MINI. Misalnya untuk memproduksi bagian dashboard dan lainnya.

Sasis print 3D BMW Frame motor yang dibuat dengan printer 3D Foto: dok. Atlas

(lth/ddn)