Jumat, 14 Sep 2018 13:36 WIB

Mudahnya Cara Beli Asuransi Mobil dengan Pesan Singkat

Rizki Pratama - detikOto
Asuransi Astra Foto: Istimewa Asuransi Astra Foto: Istimewa
Jakarta - Bersamaan dengan memperingati hari jadi ke-62, Asuransi Astra memperkenalkan fitur baru yang disapa Garxia (Garda experience intelligent assistant). Fitur ini dijamin akan mempermudah pengendara yang ingin mengasuransikan kendaraan mereka.



Chief Executive Officer Asuransi Astra, Rudi Chen, pun pastikan Garxia yang merupakan virtual assistance pembelian asuransi pertama di Indonesia. Selain itu fitur Garxia ini menawarkan pengalaman baru dalam memiliki asuransi.

Dengan menggunakan fitur ini masyarakat tetap mendapatkan personal touch saat bertransaksi, namun menjadikan aplikasi pesan instan sebagai metode transaksi digital yang kini tengah diminati.

Rudi mengatakan kehadiran Garxia membuat proses pembelian asuransi mobil Garda Oto dapat dilakukan semudah mengirimkan pesan instan. Selain untuk memberikan layanan yang semakin baik pada pelanggan, kemudahan dalam proses pembelian asuransi ini juga ditujukan sebagai bentuk dukungan Asuransi Astra atas program peningkatan inklusi keuangan yang dicanangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Lalu bagaimana cara melakukan pembelian asuransi melalui fitur digital ini ya? Siapa yang sangka rupanya pembelian asuransi ini terbilang cukup mudah.

Konsumen bisa menelui Garxia di aplikasi Garda Mobile Otocara versi 4.0, aplikasi ini akan mendampingi calon pelanggan dalam menjawab beberapa pertanyaan yang dibutuhkan untuk melengkapi data pembelian polis. Setelah memasang dan membuka aplikasi ini, pengguna akan diminta untuk registrasi dengan memasukkan nama, alamat email, dan kode sandi.



Setelah akun anda terdaftar dan diverifikasi barulah anda bisa melakukan pembelian asuransi untuk kendaraan anda. Geser ke kanan pada layar handphone maka akan muncul sejumlah menu. Pilih Buy Garda Oto.

Setelah itu pengguna akan disambut oleh Chatbot bernama Garxia yang akan menuntun anda untuk memebeli asuransi anda. Pertama, pengguna akan diminta untuk mengisi data kendaraan mulai dari merk, tipe, tahun, dan seri mobilnya. Sebagai contoh: Toyota Avanza 2016 Grand New 1.3 A/T.

Setelah mengisi data mengenai kendaraan anda, Garxia akan memberitahu cakupan layanan Garda Oto Digital yang tersedia di DKI Jakarta, Karawang, Bandung, Bekasi, Bogor, Cirebon, Depok, Tegal, Kediri, Malang, dan Surabaya.

Selanjutnya Garxia akan menanyakan wilayah penggunaan dan plat nomor mobil anda. Setelah mengisi data tersebut maka garxia akan memberikan estimasi harga pertanggungan mobil anda, dan anda diminta untuk memilih jenis asuransi yang akan anda gunakan pada kendaraan anda.

Pertama komprehensiv yang melindungi mobil dari berbagai jenis kerusakan, mulai dari rusak ringan, berta, hingga kehilangan atau Total Loss Only (TLO) yang akan mengganti biaya perbaikan bila kerusakan yang terjadi nilainya 75 persen atau lebih.

Setelah memilih jenis asuransi tadi selanjutnya anda diminta untuk mengisi nomor rangka dan nomor mesin yang ingin anda asuransikan selanjutnya akan akan ditanya apakah anda ingin menambahkan perluasan atau tidak. Garxia merincikan akan ditel pembelian Asuransi Astra yang telah anda daftarkan jika data sudah benar anda bisa lanjur ke proses berikutnya.

Proses berikutnya adalah mengenai survey kendaraan anda, anda diminta untuk mengisi dimana anda ingin mobil anda disruvey. Sejumlah kota memiliki fasilitas home survey, jika kota anda termasuk maka anda diminta untuk mengisi alamat lengkap jika anda ingin mendapatkan layanan survey langsung di rumah anda. Setelah memberikan alamat lengkap anda bisa menentukan waktu yang tepat untuk anda didatangi tim survey Garda Oto.

Setelah semua data yang dibutuhkan terpenuhi maka akan masuk pada proses pembayaran. Untuk pembayaran tersedia empat metode yang bisa anda pilih di antaranya Bank Transfer, Credit Card Full Payment, Credit Card Installment, dan Clickpay.



Seluruh pembelian polis Garda Oto melalui Garxia akan diteruskan melalui saluran Garda Oto Digital sehingga calon pelanggan berhak mendapatkan layanan home survey yang jadwal dan lokasi surveinya dapat dipilih sendiri. Karena menggunakan saluran Garda Oto Digital ini pula, maka area layanan polis Garda Oto yang dibeli melalui Garxia juga mengikuti cakupan area layanan Garda Oto Digital itu sendiri, yaitu Jakarta, Bogor, Bandung, dan Surabaya.

Terakhir Garxia juga dapat membantu menghitungkan nilai premi yang harus dibayarkan calon pelanggan untuk jenis asuransi yang dipilih. Tidak hanya untuk asuransi komprehensif dan TLO, Garxia juga sudah dibekali dengan pengetahuan terkait jenis-jenis perluasan asuransi serta tambahan biaya yang harus dibayarkan pelanggan untuk setiap perluasan yang dipilih. (lth/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed