Jumat, 24 Agu 2018 15:30 WIB

Gunakan BBM Euro4 Demi Tekan Emisi Gas Buang

M Luthfi Andika - detikOto
Ilustrasi Emisi gas buang Foto: Ari Saputra Ilustrasi Emisi gas buang Foto: Ari Saputra
Jakarta - Bukan rahasia umum setiap pabrikan otomotif berlomba-lomba untuk merebut perhatian pencinta otomotif Indonesia. Tapi bagaimana dengan emisi gas buangnya?



Otolovers perlu tahu, setiap kendaraan itu menghasilkan emisi gas buang, dan itu bisa saja membahayakan kesehatan Otolovers, lho. Oleh sebab itu pemilihan bahan bakar menjadi hal penting, agar bisa meminimalkan emisi yang dikeluarkan kendaraan.

Setidaknya itu yang diharapkan Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (Dirjen PPKL), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Karliansyah. Dia berharap agar setiap pengendara lebih memperhatikan kualitas bahan bakar biar emisi gas buang yang dihasilkan tidak terlalu besar.



"Kalau menggunakan kendaraan bermotor, gunakan bahan bakar euro4, karena sulfurnya di bawah 50 PPM," ujar Karliansyah.

Di kesempatan yang sama dirinya menjelaskan emisi apa saja yang paling bahaya dari kendaraan. Dikatakan, ada lima unsur dalam gas buang kendaraan yang diukur yaitu senyawa HC (Hidrokarbon), CO (Karbon Monosikda ), CO2 (Karbon Dioksida ), O2 (Oksigen) dan senyawa NOx (Nitrogen Oksida).

"Setiap kendaraan ada kewajiban untuk menguji emisi kendaraan bermotor. Ini ada pada Permen LHK, tentang emisi gas buang kendaraan bermotor," tambahnya. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed