Kamis, 23 Agu 2018 11:29 WIB

Ring 1 Istana Pun Tak Luput dari Teror Ranjau Paku

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ranjau Paku Mengintai Pengendara Jakarta . Foto: Dok. Rohim Saber Ranjau Paku Mengintai Pengendara Jakarta . Foto: Dok. Rohim Saber
Jakarta - Ranjau paku masih mengancam pengendara di Jakarta, khususnya pengendara roda dua. Rohim Saber, salah satu penggiat Relawan Penyapu Ranjau Paku Saber Community, hampir setiap hari melakukan penyapuan jalanan dari ranjau paku yang mengancam pengendara.

Ranjau paku yang membahayakan bagi pengendara ini adalah logam dari jari-jari payung. Ranjau itu disebar ke jalanan dan jika tertusuk ke ban kendaraan maka ban akan bocor seketika. Bahkan, ban tubeless pun bisa bocor dibuatnya.



Menurut Rohim, beberapa jalan utama di Jakarta sering kali ditemukan ranjau jari-jari payung ini. Bahkan, kawasan 'Ring 1' Istana Negara pun terdapat ranjau paku.

"Itu yang paling banyak kemarin tuh di wilayah Cideng, Roxy, sekitaran Istana Negara itu Jalan Veteran, Jalan Medan Merdeka Utara, dan Jalan Majapahit. Tetapi sejak awal tahun 2018 di kawasan ring 1 atau sekitaran istana itu sudah mulai berkurang," kata Rohim kepada detikOto.

Sampai saat ini, ranjau paku di kawasan Istana Negara atau Ring 1 memang sudah relatif berkurang. Dulu, di kawasan itu Rohim bisa mengumpulkan banyak ranjau paku.



"Dulu di kawasan istana situ sekali patroli bisa dapat 1 kg sampai dengan 2 kg (ranjau paku)," kata Rohim.

"Tapi beberapa waktu yang lalu saya ngontrol sudah steril," tambahnya.

Menurut dia, lubang rongga di tengah jari-jari payung membuatnya jadi sangat efektif membuat ban kempes. Bahkan, tak jarang pula, ban mobil yang lebih tebal sekalipun kerap tertembus ranjau yang biasanya dibuat dari payung-payung bekas tersebut. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed