Kamis, 16 Agu 2018 18:06 WIB

Tukang Tambal Ban Pinggir Jalan, Ganggu atau Dibutuhkan?

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Tambal ban trotoar Foto: Ridwan Arifin/detikOto Tambal ban trotoar Foto: Ridwan Arifin/detikOto
Jakarta - Sebagian orang mungkin beranggapan tukang tambal ban yang sering terlihat di pinggiran jalan mengganggu arus lalu lintas, namun di sisi lain tak dimungkiri keberadaannya punya peran yang penting.



Hal tersebut menimbulkan pertanyaan, keberadaannya mengganggu atau malah membantu karena dibutuhkan, karena jika tidak ada tukang tambal ban bisa runyam urusannya saat ban tiba-tiba bocor dijalanan.

Di lain sisi, jika ada orang yang menambal ban dipinggir jalan dan tidak ada tempat khusus untuk melakukan proses penambalan ban, otomatis dianggap ganggu arus lalu lintas.



"Ya saya sih nggak berpikir sampai situ, yang penting saya kalau ada pelanggan bocor bannya minta tolong di tambal bannya, ya saya kerjakan," ujar tukang tambal ban pinggir jalan, Lay, kepada detikOto, di Jakarta, senin (30/7/2018).

Belum lagi banyak dari mereka yang menggunakan fasilitas pejalan kaki yakni trotoar jalan untuk dijadikan lapak usaha tambal bannya tersebut.

Meski demikian harus akui keberadaan tukang tambal ban pinggir jalan punya peran penting bagi para pengendara di jalanan.

"Ya abis kalau nggak ada (tukang tambal ban pinggir jalan) repot kalau ban bocor apa lagi kalau pecah kan," kata salah satu konsumen dikesempatan yang sama.

Nah, kalau menurut Otolovers gimana, penting tidak peran tukang tambal ban pinggiran jalan? (khi/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed