Jumat, 10 Agu 2018 16:34 WIB

Wah, Ada Bus Tanpa Sopir di GBK

Agus Tri Haryanto - detikOto
Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta - Setelah menjanjikan akan menampilkan bus tanpa sopir, Telkomsel benar-benar memamerkan kendaraan tersebut di event Asian Games 2018.

Bus tanpa sopir atau bus otonom ini bisa beroperasi karena memanfaatkan teknologi jaringan 5G. Untuk menghadirkan kendaraan ini, Telkomsel bekerjasama dengan ST Engineering.

"Nanti ada bus yang bisa berjalan tanpa ada sopir. (Tapi) ini hanya dilakukan GBK (Gelora Bung Karno)," ujar Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah saat mengunjungi Telkomsel 5G Experience Center di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (10/8/2018).



Keberadaan bus tanpa sopir ini tentunya menjadi daya tarik pengunjung selama perhelatan Asian Games 2018, khususnya di sekitaran GBK. Sebab, bus otonom sejauh ini hanya dijumpai di luar negeri yang masih mengembangkan teknologi tersebut.

Kini, bus tanpa sopir itu sudah terparkir di halaman Telkomsel 5G Experience Center.



Selain itu, tepat di tengah-tengah bus, terlihat monitor ukuran besar yang akan menampilkan video yang ditayangkan oleh Telkomsel. Bus otonom ini dinamakan Navya, buatan startup asal Prancis.

Bus diperkuat dengan baterai listrik berkapasitas 33 kWh, bus sanggup memuat 15 orang dengan rincian 11 orang duduk di kursi dan 4 berdiri. Secara teori bus bisa berada dalam kondisi otonom selama 9 dengan kondisi pengisian baterai selama 4-8 jam.

Bus memiliki 2 motor listrik sebagai penggerak dengan tenaga maksimal 25 kW. Bus tidak bisa melaju kencang maksimal hanya 25 km per jam saja.


Ada Bus 'Hantu' di GBK, Bisa Jalan Tanpa Sopir, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(agt/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed