Selasa, 17 Jul 2018 18:10 WIB

Waspadalah! Desain Aki Palsu Mirip dengan yang Asli

M Luthfi Andika - detikOto
Foto: Polisi Gerebek Rumah Produksi Spare Part Palsu di Palembang (Raja-detikcom) Foto: Polisi Gerebek Rumah Produksi Spare Part Palsu di Palembang (Raja-detikcom)
Jakarta - Tidak semua suku cadang bisa dipalsukan, namun sering kali suku cadang palsu mirip dengan aslinya. Pengendara pun kecele alias zonk jadinya.



Nah untuk itu, detikOto mengingatkan agar lebih cermat dalam memilih spare part mana yang original atau tidak. Karena ada kalanya suku cadang palsu dari penampakan luar sangat mirip dengan yang asli.

Rio Sanggau dan aki GS AstraRio Sanggau dan aki GS Astra Foto: Khairul Imam Ghozali


Chief Executive PT Astra Otoparts, Rio Sanggau kepada detikOto. mengatakan aki keluaran Astra Otoparts, GS Astra, sering kali menjadi korban pemalsuan. Rio pun mengatakan tampilan aki palsu sangat mirip seperti yang dikeluarkan pabrikan.



"Seperti diketahui, aki GS Astra saat ini merupakan market leader. Sebetulnya bukan palsu, tapi mereka meniru desain kita, dan ini kita sebut aki abal-abal. Ini sebenarnya bukan aki GS Astra," katanya.

Aki GS Astra betulanAki GS Astra betulan Foto: Djulfiawati Manurung


Karena berkat desain yang sangat mirip, lanjut Rio. Tidak sedikit konsumen yang menggunakannya, dan menyangka itu merupakan produk aki GS Astra.

"Akhirnya banyak konsumen yang tertipu. Kalau masalah spare part, memang dari masing-masing pabrikan punya ciri khas. Kita hanya bisa menyarankan ke konsumen kalau beli produk beli pada toko terpercaya, karena kita memang cirinya berbeda-beda," katanya.

Nah Otolovers harus lebih hati-hati ya. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed