Minggu, 27 Mei 2018 08:16 WIB

Transportasi Umum

TransJakarta Diminta Perbanyak Bus Wanita

M Luthfi Andika - detikOto
Bus Wanita (Foto: dok. Transjakarta) Bus Wanita (Foto: dok. Transjakarta)
Jakarta - Transjakarta memiliki armada khusus wanita yang memiliki bodi berwarna pink. Bus khusus wanita ini bisa dinikmati kalangan perempuan di 3 koridor.

Yakni koridor 1 rute Blok M-Kota, Koridor 6 Ragunan-Dukuh Atas, dan Koridor 9 dengan rute Pinang Ranti-Pluit. Sayang, PT TransJakarta belum bisa memberikan informasi mengenai seberapa banyak wanita yang memilih menggunakan jasa bus wanita ini. Meski demikian, berbagai sambutan hangat diberikan para penumpang wanita.
Bus Wanita Bus Wanita Foto: dok. Transjakarta



"Semenjak ada bus ini, adakah kejadian yang tidak diinginkan yang menimpa penumpang Wanita di bus Transjakarta? Tidak ada, yang ada adalah apresiasi dari pelanggan. Seperti ucapan terima kasih, dan macam-macam testimoninya. Ada juga yang meminta tambahan unit bus khusus wanita," kata Humas PT Transjakarta Wibowo, kepada detikOto.
Tidak ada perbedaan tarif dengan bus TransJ reguler. Tarifnya sama saja yakni Rp 3.500. "Sama saja Rp 3.500, dan kenapa warna pink? Warna ini sebagai identitas, jadi membedakan dengan bus yang umumnya," ujarnya.

Bus WanitaBus Wanita Foto: dok. Transjakarta



Bus wanita itu diluncurkan bertepatan dengan hari Kartini, 21 April 2016, lalu. Saat itu bus masih ada 2 unit dengan desain yang khusus diperuntukkan bagi pelanggan wanita Transjakarta. Bus diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pelanggan wanita Transjakarta.
(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed