Kamis, 03 Mei 2018 15:25 WIB

Beda Indonesia dan Thailand Setelah Terjadi Kecelakaan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Insiden Tabrakan di Bangkok. Foto: Facebook/Pak Wiet
Jakarta - Kecelakaan lalu lintas masih kerap terjadi di jalanan. Yang sering terjadi, usai kecelakaan pengendaranya kerap saling menyalahkan.

Di Indonesia, mungkin masih banyak pengendara yang cekcok di tengah jalan setelah kecelakaan lantaran saling menyalahkan. Perbedaan yang sangat jauh dibandingkan dengan kejadian di Thailand. Baru-baru ini beredar video di mana terjadi kecelakaan di Thailand, tapi pengendaranya tidak terlibat cekcok. Mereka malah terlihat santai, memfoto kejadian (mungkin untuk bukti asuransi), kemudian meminggirkan kendaraan.



Tak ada keributan setelah kecelakaan. Warga sekitar pun tak mengerubungi lokasi kecelakaan sampai bikin macet.

"Yang terjadi seperti di Indonesia, ketika terjadi kecelakaan, yang terjadi pertama adalah kemacetan," kata Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu saat berbincang dengan detikOto melalui sambungan telepon, Kamis (3/5/2018).

Kemacetan itu bisa jadi timbul karena lokasi kecelakaan yang dikerubungi warga yang hanya ingin melihat. Atau, karena pengendara yang terlibat kecelakaan malah cekcok dalam waktu yang lama dan tidak segera meminggirkan kendaraannya sehingga menimbulkan kemacetan.



Selain itu, yang kerap terjadi di Indonesia setelah kecelakaan, kata Jusri, adalah timbul konflik. Tak cuma konflik verbal berupa adu mulut, bahkan sampai konflik fisik.

"Atau masyarakat yang tidak terlibat bahkan malah ikut-ikutan, memanfaatkan ajang balas dendam atau apa," ucap Jusri.

Jusri menyebutkan, kejadian-kejadian seperti itu malah bisa menimbulkan kemacetan. Bahkan, konflik seperti itu berpotensi menimbulkan kecelakaan berikutnya.


(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com