Selasa, 24 Apr 2018 16:55 WIB

Bule Keliling Dunia Pakai Truk Tua yang Disulap Jadi Rumah

Ardian Fanani - detikOto
Bule Austria keliling dunia pakai truk tua. Foto: Ardian Fanani Bule Austria keliling dunia pakai truk tua. Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Mercedes-Benz 911 buatan tahun 1977 ini disulap jadi rumah. Leander, Maria dan anak semata wayangnya, Lennox sudah melakukan perjalanan dari Austria selama satu setengah tahun menggunakan truk tua ini. Bagaimana sebuah truk disulap menjadi kendaraan rumah yang nyaman?

Leander, pemilik truk rumah ini mengaku, sebelum melakukan perjalanan panjang, dirinya membuat sendiri kendaraan tersebut. Leander membutuhkan waktu dua tahun membuat kabin di belakang kemudi truk tersebut.



"Saya membuat sendiri kabin untuk keluarga kecil kami. Mulai tempat tidur, toilet, dapur, dan semua perlengkapan rumah kita buat. Seperti rumah kecil yang nyaman," ujarnya kepada detikcom, Selasa (24/4/2018).

Dia membangun kabin itu dengan bahan dasar kerangka besi dan penutup dari aluminium. Tak hanya itu, kabin itu juga dilengkapi dengan solar sel serta penghangat udara berbahan bakar kayu.

Pantauan detikcom di kabin belakang truk berusia 44 tahun ini, di dalam ruangan berukuran 12 meter persegi itu terdapat dua tempat tidur, dapur, toilet dan ruang makan kecil. Ornamen di dalamnya juga dibalut kayu.

"Kami buat senyaman mungkin. Tidak mewah, tapi indah," tambahnya.



Sementara untuk mesin, kata Leander, sangat prima. Meski tua, truk Mercedes-Benz 911 ini menggendong mesin diesel 5.600 cc dengan kekuatan 130 hp. Tak hanya itu, truk tua ini juga menggunakan penggerak 4 wheel drive.

"Mobil ini kuat. Meski lambat tapi kuat untuk tanjakan dan segala medan," tambahnya.

Mobil ini tergolong besar jika dibandingkan dengan mobil biasa di Indonesia. Karena dengan ukuran lebar 3,4 meter dan panjang sekitar 8 meter, sudah selayaknya masuk dalam kategori truk sedang di Indonesia. Di tambang lagi dengan tinggi kendaraan sekitar 3 meter, membuat kendaraan ini terlihat besar dan gagah. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed