ADVERTISEMENT
Kamis, 12 Apr 2018 16:14 WIB

Produsen Pelumas Sudah Siap dengan Euro4

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Ruly Kurniawan Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Sebentar lagi, pemerintah akan menerapkan standar Euro4 untuk kendaraan bermesin. Bahkan, rencana tersebut mendapatkan percepatan untuk menyambut Asian Games 2018 awal Agustus mendatang. Maka, bensin Euro4 sudah bisa dinikmati pada bulan Mei nanti.

Menanggapi hal itu, MPM Lubricants melalui produknya Federal Mobil juga sudah siap. Meskipun tergolong produsen pendatang untuk pelumas mobil (mulai dijual pada 2015), rupanya produk Federal Mobil sudah masuk ke kategori Euro4.

"Pemerintah memang mencanangkan 2019 mulai aturan emisi berstandar Euro4. Tapi penerapannya itu bertahap. Dia ini kan lebih menyasar kendaraan bahan bakar, khususnya bensin. Nah untuk kami, kami sudah siap masuk ke sana," kata President Director MPM Lubricants Patrick Adhiatmadja kepada wartawan di Jakarta, Kamis (12/4/2018).



"Saat kami mengetahui hal tersebut, kami juga mempersiapkan diri. Kami mereview beberapa produk yang sudah dijual seperti varian Rextron 10W sampai 5W, apakah masuk bracklet atau koridor Euro 4. Kami bersyukur ternyata produk kami sudah masuk kategori tersebut. Jadi kami siap kapanpun untuk menyambut Euro4," lanjutnya.

Di kesempatan yang sama, Patrick memaparkan bahwa sebelumnya tim MPM Lubricants sudah memperkirakan cepat atau lambat Indonesia akan beralih ke Euro4, meski sekarang masih Euro2. Berangkat dari hal itu, produk yang diproduksi sudah menggunakan standar Euro4.

"Saat kami mengembangkan sebuah produk, sudah kami consider untuk Euro4. Kami menduga, di Indonesia yang sekarang baru menerapkan Euro2 akan langsung melangkah ke Euro4. Dan ternyata memang benar. Tapi untuk produk resminya, nanti kita informasikan," ujarnya.

Jadi, meskipun pendatang baru di pelumas mobil, lanjut Patrick, tim nya sudah siap melangkah ke Euro4. Tiga tahun kedepan, mereka yakin pelumasnya bisa menjadi pemenang pasar Indonesia khususnya di bidang otomotif.

"Kami senang sekali dengan arahan pemerintah, kita jadi berkontribusi untuk lingkungan hidup. Karena sudah sepantasnya kita peduli dengan hal itu. Untuk Federal Mobil, kedepannya yakni tiga tahun mendatang, kita optimis bisa merangkul hati masyarakat Indonesia," tutup Patrick.

30 Tahun MPM Lubricants

Sementara itu MPM Lubricants yang memiliki merek Federal Oil serta Federal Motor, sudah menginjak usia ke-30 tahun. Awalnya, yakni di tahun 1988, pelumas dari Federal hanya digunakan sepeda motor Honda. Namun seiring perkembangannya, kini ia masuk sebagai top 5 produk oli di tanah air.

"Banyak hal yang kita pelajari selama 30 tahun ini, salah satunya adalah terkait kualitas yang sangat penting sekali untuk sebuah produk dan meraih kepercayaan konsumen. Maka, kami terus melakukan hal-hal yang spesial seperti memperbaharui infrastruktur pabrik kami," ujar Patrick.

MPM Lubricants juga mulai menapak ke ranah pelumas B to B dan fleet, serta melirik ke pasar ekspor. "Kami menandai eksistensi 30 tahun MPM Lubricants ini secara spesial. Federal Oil sebagai produk yang pertama kali kami produksi akan terus kami jaga keunggulannya dengan pemberian atribut-atribut merek yang relevan dengan perkembangan jaman. Federal Mobil akan terus kami upayakan untuk merebut posisi terdepan dalam persaingan pelumas roda empat," tutup Adrian Baskoro, Vice President Director MPM Lubricants. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com