Rabu, 28 Mar 2018 13:03 WIB

Gaya Habibie dan Soeharto Pakai Helm saat Naik Motor Keliling Istana

Dina Rayanti - detikOto
Gaya Habibie dan Soeharto Pakai Helm Saat Naik Motor Keliling Istana Foto: Fida/Detikcom
Jakarta - Bukan cuma presiden Joko Widodo saja yang memiliki hobi menunggangi motor. Mantan presiden Soeharto dan BJ Habibie pun memiliki hobi serupa yakni naik motor.



Dalam beberapa foto yang dilihat detikOto di dunia maya, tampak Soeharto dan Habibie sedang menunggangi motor Harley-Davidson. Bahkan Habibie sempat terlihat memboncengi Soeharto saat naik motor mengelilingi kawasan Istana.

Meski hanya berkeliling Istana, keduanya terlihat tetap memperhatikan keselamatan dirinya. Habibie maupun Soeharto melengkapi dirinya dengan helm dan juga jaket.



Mengendarai sepeda motor memang wajib mengenakan helm. Bahkan hal itu tertuang dalam pasal 106 ayat 8 UU no.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Baca: Kisah Habibie, Naik Motor Harley Memboncengkan Presiden Soeharto

"Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor dan Penumpang Sepeda Motor wajib mengenakan helm yang memenuhi standar nasional Indonesia," begitu bunyi pasal tersebut.

Helm memang tidak bisa disepelekan nih Otolovers. Kalau saja Otolovers nekat mengendarai motor tanpa menggunakan helm, harus siap dikenakan pasal 291 ayat 1 dengan hukuman pidana kurungan paling lama satu bulamn atau denda paling banyak Rp 250 ribu.



Membiarkan penumpang tidak mengenakan helm pun akan mendapatkan denda yang sama dari pasal 291 ayat 2 nih Otolovers.

"Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor yang membiarkan penumpangnya tidak mengenakan helm sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat 8 dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.


(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com