Selasa, 27 Feb 2018 11:23 WIB

Moeldoko: Kendaraan Listrik Adalah Masa Depan

Ruly Kurniawan - detikOto
Moeldoko (Foto: Rengga Sancaya) Moeldoko (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Lewat media sosialnya, Kepala Staf Kepresidenan Jendral TNI (Purn) Moeldoko beberapa waktu lalu memamerkan bus listrik yang merupakan hasil garapan PT Mobil Anak Bangsa (MAB).

Bus listrik yang memiliki kandungan lokal sampai 45 persen. Moeldoko yakin masa depan ya kendaraan seperti ini, kendaraan listrik.

"Saya tidak punya karoseri bus, tapi gagasannya. Saya selalu berpikir bahwa baterai adalah masa depan, dan masa depan adalah baterai. Dalam perjalanannya, saya makin termotivasi karena Pak Jokowi juga punya kesenangan otomotif dan berikutnya ia sering melontarkan gagasan mobil listrik untuk masa depan," ujar Moeldoko dalam wawancara khusus dengan detikOto di kantornya.

[Gambas:Instagram]



"Maka saya mencoba untuk mewujudkan gagasan saya itu. Sebenarnya Maret saya sudah mulai mewujudkan gagasan dan berbicara dengan Pak Jokowi. Saya ingin membangun bus listrik karena saya pernah lihat sewaktu ke Shanghai, bagus. Lalu ingin mengembangkannya untuk bus listrik di Indonesia," tambah Moeldoko.

Bus listrik Mobil Anak Bangsa (MAB) MaxvelBus listrik Mobil Anak Bangsa (MAB) Maxvel Foto: Gaikindo


Ia pun langsung segera mengumpulkan beberapa ahli dari dalam negeri dan China untuk segera membicarakannya. Kini, Moeldoko pun cukup puas dengan bus listrik buatannya itu dan yakin dapat dijadikan kendaraan umum di Indonesia.

"Saya pernah bekerja sama dengan teman-teman dari Shanghai untuk mewujudkan gagasan saya ini. Alhamdulillah Agustus saya sudah jalan bus nya dan itu prototype pertama, saat ini sudah masuk prototype yang ke-2 dan siap untuk ikut pameran pada bulan Maret nanti (Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo 2018-Red) dan akan eksis," ujarnya. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed