Jumat, 23 Feb 2018 07:11 WIB

Tol Bekasi Berlaku Ganjil-Genap, Bagaimana dengan Tol Tangerang-Merak?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Tol Bekasi Berlaku Ganjil-Genap, Bagaimana dengan Tol Tangerang-Merak? Foto: dok. detikcom Tol Bekasi Berlaku Ganjil-Genap, Bagaimana dengan Tol Tangerang-Merak? Foto: dok. detikcom
Jakarta - Mulai 12 Maret nanti akan diberlakukan aturan ganjil genap di pintul tol Bekasi untuk kendaraan roda empat alias pribadi. Bagaimana dengan tol Tangerang-Merak?

Sunarto Sastrowiyoto, Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandalasakti sebagai operator Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak (ASTRA Tol Tamer) mengatakan kondisi tol Tangerang-Merak dengan tol Cikampek berbeda. Kepadatan lebih terasa di tol Jakarta-Cikampek.

"Kita sih belum sebanyak Cikampek (jumlah lalu lintasnya). Karena lalu lintas arah ke barat ini mungkin lebih sedikit," kata Sunarto di acara Meet and Greet Journalist Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak di Kantor Pusat Astra International di Sunter, Jakarta.

Meski begitu, PT Marga Mandalasakti tetap menerapkan solusi dalam mengurai kemacetan di jalan tol. Salah satunya dengan menambah ruas lajur di jalan tol Tangerang-Merak ini.

"Jadi kan diperjanjian kita dengan pemerintah itu disebutkan kalau lalu lintas sudah 80 persen kita harus nambah 1 lajur. Kebetulan awal-awal itu cuma 2 lajur. Terus 2008 kita membuat perjanjian dengan pemerintah bahwa kita harus tambah. Penambahannya itu setelah 80 persen (lalu lintasnya). Nah kita hitung pertumbuhan lalu lintasnya berapa. Jadi kita bisa kira-kira," kata Sunarto.

Kini, ruas-ruas tol tertentu di sepanjang tol Tangerang-Merak sudah hampir 80 persen. Untuk mengurai kemacetan, ditambahkan satu lajur lagi, dari yang tadinya tiga lajur jadi empat lajur.

"Nah kita mau tambah lajur sampai ujung tapi kapasitasnya belum sampai mendekati 80 persen," ucapnya. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed