Rabu, 21 Feb 2018 18:23 WIB

Pendapat Hino Soal Standar Euro4 di Indonesia

Ruly Kurniawan - detikOto
Pendapat Hino Soal Standar Euro4 di Indonesia Foto: dok detikOto Pendapat Hino Soal Standar Euro4 di Indonesia Foto: dok detikOto
Jakarta - Dalam beberapa waktu ke depan, pemerintah Indonesia lewat Menteri Perindustrian mengharuskan para pelaku industri untuk menerapkan standar emisi Euro4 pada produk yang dipasarkannya. Terkait hal tersebut, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengaku siap mengamininya. Hanya saja, pihaknya masih meragukan kesiapan pemerintah.

"Untuk Euro4 tentunya Hino akan mengikuti segala kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah. Untuk mesin dan teknologi Euro4 tentunya prinsipal kami sudah memilikinya. Saat ini sedang kami pelajari dan kembangkan untuk disesuaikan dengan pasar Indonesia,"ujar Santiko wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI, Jakarta.

"Memang, untuk sekarang semua produk kita (Hino) di Indonesia menggunakan standar emisi gas buang Euro2. Tapi tidak sulit untuk berpindah ke Euro4, karena kendaraan Hino yang berada di Malaysia, bahkan ada juga yang di Singapura sudah menggunakan standar Euro5. Jadi bagi Hino bukan hal baru untuk pindah ke Euro4," tambahnya.

Namun yang membuat Santiko ragu ialah terkait bahan bakar minyak di kendaraan standar Euro4. Katanya, jangan sampai kebijakan yang dibuat oleh pemerintah Indonesia tidak diikuti kesiapan bahan bakar. Bila hal itu terjadi, maka kerugian pada kendaraan niaga akan sangat besar.

"Kendaraan dengan standar Euro4 sedang kami persiapkan. Cuma di sini yang kita pertanyakan kepada pemerintah adalah kesiapan dari pemerintah itu sendiri. Karena ini kita bicara truk, truk itu memang plat nomornya B (Jakarta) tapi trayeknya bisa kemana-mana, nah siap tidak nih bahan bakarnya," papar Santiko.

Karena, bila kendaraan sudah menggunakan Euro4 maka bahan bakar minyaknya pun harus sesuai dengan Euro4 juga. Bila tidak, kata Santiko, maka kinerja kendaraannya tidak optimal dan akan menjadi masalah di dalam mesinnya seperti filter menjadi kotor. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed