Rabu, 21 Feb 2018 10:28 WIB

Bus Indonesia Sudah Mulai Pakai Sasis Canggih Buatan Jerman

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: PT. SAN Putra Sejahtera Foto: PT. SAN Putra Sejahtera
Bengkulu - Masyarakat Indonesia pengguna bus bisa merasakan sensasi bus yang lebih mewah dan canggih. Bus Indonesia sekarang mulai menggunakan sasis-sasis canggih dari Jerman.

Operator bus PT SAN Putra Sejahtera mulai mengoperasikan bus premium antar pulau. Perusahaan bus yang berbasis di Bengkulu ini meluncurkan tiga unit bus Maxi Mercedes-Benz OC500RF 2542. Peluncuran ini merupakan tahap pertama dari rencana pengoperasian delapan unit bus Maxi 3-Axle yang akan melayani rute Bengkulu, Pariaman, Pekanbaru.

"Menghadapi persaingan antar moda, jujur itu tidak mudah. Tapi ini menjadi tantangan kami. Sehingga dengan kehadiran bus ini kami berharap kami bisa tetap eksis memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan kami," kata Direktur Utama PT. SAN Putra Sejahtera, Kurnia Lesani Adnan dalam pernyataan yang diterima detikOto, Rabu (21/2/2018)

Bus Maxi 3-Axle sudah hadir sejak tahun 2014 lalu. Perusahaan bus di Sumatera tercatat menjadi yang pertama membeli chassis bus premium. Kini, PT SAN Putra Sejahtera ikut menorehkan catatan sebagai perusahaan bus di Sumatera yang berkomitmen menghadirkan bus terbaik dengan kehadiran bus premium Mercedes-Benz OC500RF 2542 dengan bodi buatan Karoseri Laksana model Legacy Sky SR2 XHD Prime Limited Edition. PT SAN Putra Sejahtera menjadi perusahaan bus pertama yang melayani angkutan bus dengan chassis premium untuk bus antar pulau pertama di Indonesia.

Mercedes-Benz OC500RF 2542 adalah sasis tercanggih yang dipasarkan PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) saat ini. Ada beberapa fitur yang tertanam pada sedan, yang bisa ditemukan di bus tersebut. Ada Antilock Braking System, Electric Distribution Brake, transmisi otomatis ZF Ecolife, intarder untuk membantu pengereman serta Electronic Stability Program (ESP).

"Kami mengutamakan keselamatan dan kenyamanan. Setelah aman, kendaraan baru nyaman. Itu berlaku untuk semua Daimler secara Global," ujar Deputy Director PT DCVI yang menangani operasional bus, Adri Budiman.

Kehadiran bus Maxi 3-Axle menambah lengkap armada perusahaan yang menggunakan merek SAN sebagai nama perusahaan otobus-nya. Selain Mercedes-Benz, ada 13 unit bus Scania dari beberapa model yang sudah melayani pelanggan untuk jurusan Bengkulu, Padang, Pariaman, Pekanbaru hingga Jakarta, Bandung, Solo hingga ke Tulungagung.

"Kami melihat perkembangan pertumbuhan infrastruktur dan mengikuti perkembangan zaman. Kami ingin memberikan yang terbaik untuk pelanggan, baik di sisi armada, kru dan operasional yang kuat," tutup Sani.


(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed