Sabtu, 17 Feb 2018 15:11 WIB

Bus TransJakarta dari Bahan Aluminium Lebih Mahal Rp 30 Juta

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Melihat Proses Perakitan Bus TransJakarta di Kudus. Foto: Khairul Imam Ghozali Melihat Proses Perakitan Bus TransJakarta di Kudus. Foto: Khairul Imam Ghozali
Kudus - TransJakarta menambah 101 unit bus low entry barunya dengan bahan aluminium untuk bodinya dari total 300 unit yang disiapkan. Bus dengan bodi berbahan aluminium itu lebih mahal hingga Rp 30 juta ketimbang bahan metal (baja).

"Nggak beda jauh kok. Untuk hitungan pastinya berapa saya kurang tahu, paling beda Rp 20 sampai Rp 30 juta," kata Direktur Utama PT TransJakarta, Budi Kaliwon, kepada wartawan, di Kudus, Jawa Tengah belum lama ini.



Senada dengan Budi, Direktur Teknikal TransJakarta, Wijinarko, mengatakan bahwa memang bus dengan bahan aluminium pada bodinya itu memang lebih mahal ketimbang bahan metal. Tapi untuk hitungan bus yang notabennya sebagai kendaraan umum yang butuh keamanan dan kenyamanan yang baik, tidak terlalu jauh beda harganya.

"Sedikit lah, nggak terlampau banyak. Saya belum hitung detail perbedaannya. Tapi dari total cost nanti kami hitung," katanya.



Bahan aluminium ini sendiri diklaim punya kelebihan dari segi bobotnya yang lebih ringan ketimbang dengan bahan metal.

Karena lebih ringan, lanjut Wijinarko menjelaskan, bus akan punya kapasitas penumpang yang lebih banyak, irit bahan bakar, dan menjaga umur ban.



"Ada perbedaan berat (antara bahan aluminium dengan bahan steel) sekitar 800 kg lebih ringan dan dari 800 kg dibagi 60 kg (berat rata-rata penumpang) ada terdapat margin 10 sampai 14 orang lebih banyak untuk muatannya," paparnya.

"Sehingga diharapkan bus ini bisa menampung orang lebih banyak dan space berdirinya lebih banyak," lanjut Wijinarko. (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed