Selasa, 13 Feb 2018 17:57 WIB

TransJakarta Tambah 300 Unit Bus Low Entry

Khairul Imam Ghozali - detikOto
TransJakarta Tambah 300 unit Bus Low Entry Foto: Khairul Imam Ghozali TransJakarta Tambah 300 unit Bus Low Entry Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Pemerintah telah melakukan pemesanan unit tambahan armada bus TransJakarta. Untuk tahun ini ada 300 unit tambahan bus TransJakarta yang siap dioperasikan.

Dari 300 unit itu, 199 dikerjakan oleh perusahaan karoseri Laksana dan 101 oleh Nusantara Gemilang.

"Pakai sasis dari Mercedes dan Scania. Dari Scania 150 dari Mercedes 49, itu oleh Laksana, 101 dari sini (Nusantara Gemilang)," Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwon, kepada wartawan, di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (13/2/2018).

Tambahan unit bus yang dipesan adalah jenis bus low entery. Dari 300 unit itu baru 49 unit dari Laksamana yang sudah siap dioperasikan.

"150 akan dikirim tidak lama secepatnya. Yang 101-nya masih dalam pengerjaan karena yang 101 ini berbeda, pakai bahan aluminium untuk bodinya, itu saya meminta pada Nusantara agar paling lambat Juli sudah dikirim," tutur Budi.

Armada baru TransJakarta ini punya kapasitas 73 penumpang. 34 untuk penumpang duduk, 37 untuk yang berdiri, dua kursi roda.

"Kapasitas itu 16 ribu tonase maksimal di kurang berat bus kosong dibagi 60 kg berat badan rata-rata masyarakat Indonesia, itu memang sudah ketentuannya di Indonesia untuk bus Low Entry," kata Budi.

Saat ini dari 49 unit yang sudah dikirim ke Jakarta, lanjut Budi mengatakan sudah ada yang dioperasikan. "Beberapa sudah ada yang dioperasikan, itu Tanah Abang Explore kan pakai," katanya.

Jumlah 300 unit armada bus TransJakarta yang baru itu dikatakan Budi memang target pemesanan untuk tahun ini.

"Juli mudah-mudahan sudah siap dioperasikan semua. Tahun depan mau fokus ke bus gandeng," pungkasnya. (khi/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed