Jumat, 02 Feb 2018 14:58 WIB

Canggih, Cegah Truk Overload, Ada Jembatan Timbang di Tol Tamer

Muhammad Idris - detikOto
Foto: Astra Infra Foto: Astra Infra
Jakarta -

Peningkatan layanan jalan tol Tangerang-Merak (Tamer) terus dilakukan. Teranyar, PT Marga Mandalasakti yang jadi operator jalan tol tersebut, telah menambah pengoperasian Weigh in Motion (WIM) untuk mengukur beban kendaraan yang bergerak di jalan.

Kepala Divisi Hukum dan Humas PT Marga Mandalaksakti, Indah Permanasari, menjelaskan alat tersebut dipasang untuk menertibkan kendaraan-kendaraan yang melebihi muatan seharusnya (overload). Hal itu dilakukan untuk peningkatan standar pelayanan minimum (SPM).

"Kami juga akan memaksimalkan pengoperasian Weigh in Motion (WIM) serta penertiban overload. Sejak pertengahan tahun 2013, sensor WIM sudah terpasang pada Gerbang Tol Cilegon Barat dan sudah mulai dilakukan evaluasi data hasil timbang sensor berat tersebut," ujarnya.

Menurutnya, sistem WIM juga sudah terintegrasi agar dapat melakukan justifikasi kendaraan overload yang secara sistem, sehingga penentuan overload dapat lebih akurat.

"Pada tahun 2017 kami kembali melakukan implementasi 2 unit sistem timbangan kendaraan elektronik WIM pada gerbang tol Serang Barat dan Cilegon Timur," papar Indah.

Indah menambahkan pengendara truk akan mendapatkan tiket mengenai berapa bobot kendaraannya. Jika overload mereka akan diminta keluar di tol terdekat. Jadi truk overload bisa dibatasi.

"Kenapa harus dibatasi kendaraan karena akan mengganggu kenyamanan jalan, menghalangi yang lain. Dia yang selama ini menjadi menjadi pemicu kemacetan," ujarnya.

(idr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed