Jumat, 26 Jan 2018 15:02 WIB

Ini Alasan Bus Damri Depok Belum Double Decker

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Ruly Kurniawan
Depok - Terpusatnya populasi warga Indonesia membuat kendaraan umum di kawasan Jabodetabek lebih besar mulai dari pengadaan dan muatannya. Namun di beberapa wilayah seperti Depok, bus tingkat atau double decker belumlah terlihat. Mengapa?

Menurut Direktur Utama Perum DAMRI, Setya N. Milatia Moemin, pengadaan bis bertingkat harus ditimbang melihat beberapa faktor. Seperti infrastruktur jalan dan utilitasnya.

"Jadi untuk sekarang di Depok belum bisa kita bawa bis double decker (tingkat)," ucapnya di Depok, Jumat (26/1/2018).

"Tapi kalau infrastruktur dan hal lainnya sudah dipenuhi ya tidak menutup kemungkinan juga. Kalau sekarang nanti malah merepotkan (nyangkut karena terlalu besar atau hal lainnya)," tambah Setya.

Meski seperti itu, ia berupaya untuk terus memenuhi dan memfasilitasi warga Jabodetabek khususnya untuk mendapatkan kemudahan dalam mengakses perjalanannya. Oleh karenanya, bila permintaan Damri meningkat unit yang sekarang diluncurkan akan di tambah.

"Sekarang memang kita sediakan 10 unit, masing-masing tujuan diberikan 5 (Damri dari DMall Depok ke Bandara Halim Perdanakusuma dan Soekarno-Hatta-Red). Tetapi itu bukan fixed number, bisa bertambah sesuai dengan demand. Dan otomatis nantinya waktu keberadaan Damri ini akan lebih sering, tidak tiap jam. 15 menit sekali mungkin, seperti yang ada di Jakarta," papar Setya (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com