Selasa, 16 Jan 2018 17:01 WIB

Banyak yang Sebel dengan Patwal, tapi Masyarakat Sadar Tugas Pengawal

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Banyak yang Sebel dengan Patwal, tapi Masyarakat Sadar Tugas Pengawal Foto: Rachman Haryanto Banyak yang Sebel dengan Patwal, tapi Masyarakat Sadar Tugas Pengawal Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Terlepas dari pemikiran negatif masyarakat terhadap rombongan menteri atau pejabat yang dikawal oleh anggota Patroli dan Pengawalan (Patwal) atau tepatnya Pengawal khusus (Walsus), peran Walsus dirasa cukup krusial. Lalu bagaimana tanggapan masyarakat umum ya?

Seorang pengguna jalan yang masih berstatus mahasiswa, Ali Bazdawi mengatakan, jika memang peran Walsus untuk mengawal menteri yang bertugas untuk kepentingan negara mendapat banyak hambatan nantinya, jika menteri dengan tugas negara tidak mendapat pengawalan.

"Ya memang jujur termasuk gue banyak yang nggak suka kalau lagi macet-macetan, lagi buru-buru, dengan enaknya rombongan menteri itu lewat gitu ya minggirin pengguna jalan lainnya. Tapi di lain sisi emang itu sudah tugasnya, dan kalau nggak ada yang mengawal menteri itu mungkin banyak hambatannya, mungkin kaya telat atau bahkan bisa lebih buruk dari itu. Tapi kalau memang itu tugas untuk negara ya, beda lagi kalau untuk pribadi," ujarnya kepada detikOto, di Ciputat.

Ali mengatakan, seharusnya memang masyarakat dalam arti pengguna jalan lainnya mengerti bahwa mengawal menteri sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Walsus.

"Ya mungkin kalau di jalan lagi sama-sama macet, sama-sama lagi terburu-buru, yang ada emosi dan nggak mikir ah itu kan emang sudah tugasnya, sudah pekerjaannya," lanjutnya.

Namun Ali juga mengatakan, meski sudah tugas dan tanggung jawab seorang Patwa untuk mengawal menteri dengan tugas negaranya. Diharapkan jangan menjadikan tugas dan tanggung jawab tersebut menjadi senjata untuk sewenag-wenang di jalan.

"Grasak-grusuk, nggak sopan, sudah kaya jagoan jadinya kalau seenaknya nggak dengan sopan maksudnya bukan kaya polisi yang katanya mengayomi. Harus tetap dengan sopan dan tidak sewenang-wenang," tambahnya.

Sisi Lain PatwalSisi Lain Patwal Foto: Andhika Akbarayansyah
(khi/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed