Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 16 Januari 2018, 15:14 WIB

Patwal Juga Pernah Nyasar

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Patwal Juga Pernah Nyasar Patwal Juga Pernah Nyasar Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Menjadi seorang anggota Patroli dan Pengawalan (Patwal) memang terlihat hebat. Bagaimana tidak, karena tugas besarnya ialah mengawal pejabat penting negara dengan menggunakan motor besar. Tapi siapa yang sangka kehebatan itu semua, rupanya polisi patwal ternyata juga bisa nyasar.

Seperti yang dikatakan Pengawal Khusus (Walsus) Voorijder Kementerian Ketenagakerjaan, Bripka Widada, dirinya menjelaskan biasanya hal tersebut terjadi jika titik tujuan tiba-tiba berubah. Membuat komunikasi antara Patwal dan Walpri (Pengawal Pribadi) yang berada di mobil, terganggu sehingga sulit untuk koordinasi.

"Ya itu kadang-kadang, kitanya pengawal ke mana menterinya ke mana, miss komunikasi. Bisa karena HT (handy talky) kita kadang-kadang lagi kaya gitu low bet (atau pesan yang disampaikan tidak tersampaikan-Red). Ya sudah resiko kita," ujarnya saat ditemui detikOto, di Jakarta.

Karena, lanjut Widada, tidak mudah untuk mencari titik tujuan yang diminta jika secara tiba-tiba. Sebab terkadang rute jalan ke titik tujuan tersebut belum pernah dilalui sebelumnya.

"Kalau kita nyari alamat dadakan gitu kan gampang-gampang susah juga, kalau kita nggak kerja sama dengan Walpri nggak bisa kalau nggak dipandu. Kita kan tahunya titik-titik yang rutin kita lewatin," tuturnya.

Untuk itu butuh saat dalam kondisi seperti itu, biasanya Patwal meminta bantuan pada Walpri yang berada di mobil dengan menggunakan maps.

"Ada permintaan dadakan kita harus pinter-pinter kita nyari obyek sesuai request user (yang dikawal). Kita harus kerjasama sama Walpri untuk nyari alamat lewat google maps," tambah Widada.

Sisi Lain Polisi PatwalSisi Lain Polisi Patwal Foto: Andhika Akbarayansyah
(khi/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed