Senin, 15 Jan 2018 17:15 WIB

Bagaimana Polisi Patwal Menjadi Pengawal Khusus?

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Bagaimana Seorang Patwal Menjadi Pengawal Khusus? Foto: Rachman Haryanto Bagaimana Seorang Patwal Menjadi Pengawal Khusus? Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Di dalam kesatuan Patroli dan Pengawalan (Patwal) ada bagian yang khusus ditugaskan mengawal para pejabat negara disebut Walsus (pengawal khusus). Lantas bagaimana seorang Patwal menjadi Walsus?

Dalam hal ini Anggota Banit (Bintara unit) Patwal Polda Metro Jaya, Bripka Nanang, mengatakan para pemimpin yang akan langsung menunjuk para Patwal yang terpilih untuk menjadi Walsus.

"Dari patwal kita ditunjuk untuk melakukan seleksi yah, seleksi pengawalan VIP atau pejabat negara, kita dipiih untuk seleksi," ujarnya saat ditemui detikOto, di Jakarta.

Setelah ditunjuk dan terpilih menjadi Walsus, para Patwal yang terpilih kembali berhadapan dengan berbagai macam tes untuk memastikan kembali kelayakan menjadi seorang Walsus.

"Seleksi itu lulus, kita mengiktui pesikotes, nah tes kesehatan, itu semua lulus, intinya pertama punya keahlian bawa motor besar dulu yah, sudah di latih lebih dulu," tambahnya.

Kemudian jika dianggap sudah layak untuk menjalani tugas khusus sebagai Walsus, para Patwal akan ditugaskan untuk menjadi pengawal para pejabat penting negara sesuai dengan kebutuhan atau keperluan pejabat itu sendiri.

"Setelah seleksi, psikotes, kesehatan, setelah itu dinyatakan lulus, lalu memang jika dilihat ada kebutuhan yang memerlukan pengawalan untuk pejabat itu sendiri baru kita ditempatkan," ungkap Nanang.

Sisi Lain PatwalSisi Lain Patwal Foto: Andhika Akbarayansyah
(khi/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed