Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 15 Januari 2018, 12:12 WIB

Sopir Metromini Banting Setir ke Minitrans, Gaji Minimal Rp 6 Juta

Muhammad Idris - detikOto
Sopir Metromini Banting Setir ke Minitrans, Gaji Minimal Rp 6 Juta Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta berniat merevitalisasi transporasi publik. Salah satunya Metromini yang diganti dengan Minitrans, sebuah bus mini yang diintegrasikan dengan Transjakarta.

Kepala Humas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Wibowo, menjelaskan armada bus Minitrans ini ditawarkan ke para pengusaha angkutan umum, termasuk para pemilik Metromini. Namun operasinya haruslah mengikuti standar Trans Jakarta.

"Busnya kita tawarkan ke pengusaha angkutan. Sopirnya pun juga bisa dari sopir lama dari Metromini. Tapi mereka harus mendapatkan pelatihan dulu dari Transjakarta dan mengikuti standar yang berlaku," ujar Bowo, sapaan akrabnya, kepada detikOto.

"Misalnya harus berseragam, tidak boleh merokok, tidak boleh ngetem, karena nantinya dengan di bawah standar Trans Jakarta, para pengusaha pemilik Minitrans ini dibayar per kilometer. Jadi kita enggak mematikan pengusaha dan sopir (Metromini)," imbuhnya.

Bahkan, lanjut dia, gaji yang diterima sopir Minitrans setidaknya Rp 6 juta per bulan. "Jauh di atas UMR gajinya. Sebulan minimal Rp 6 juta, bisa Rp 7 juta. Tapi ya harus mengikuti pelatihan dari Transjakarta dulu. Busnya kita tawarkan ke pengusaha angkutan umum," tandas Bowo. (idr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed