Kamis, 11 Jan 2018 16:30 WIB

Banyak Orang Kesal Sama Rombongan Patwal, Ini Tanggapannya

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Patwal dan rombongannya. Foto: Rachman Haryanto Patwal dan rombongannya. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Tidak dapat dimungkiri, banyak masyarakat yang merasa geram dengan iring-iringan pejabat atau orang penting Indonesia. Banyak penyebabnya, apalagi jika sedang terburu-buru dan sama-sama mengalami macet. Lantas bagaimana ya seorang Patwal menanggapinya?

Menanggapi hal tersebut Anggota Banit (Bintara unit) Patwal Polda Metro Jaya, Bripka Nanang, mengatakan para anggota Patwal selain dirinya pun menyadari hal tersebut. Namun apa daya, karena memang sudah tugas dan tanggung jawab Patwal seperti itu.



"Saya memang istilahnya ya saya mengertilah masyarakat punya pemikiran seperti itu, wajar, tapi memang kita juga berdasarkan tugas yang dilandasi UU (undang-undang) kepolisian juga, ya mau nggak mau," ujarnya saat ditemui detikOto, di Jakarta.

"Intinya saya mengawal dari titik A ke B aman, tepat waktu, memenuhi waktunya, kalau bisa seminim mungkin tercapai, tidak mengganggu kegiatan user (yang dikawal)," tambah Nanang.



Selain itu, meski sudah terlanjur menimbulkan paradigma pemikiran yang kurang baik dari masyarakat terhadap rombongan Patwal, Nanang mengatakan para Patwal selalu berusaha semaksimal mungkin untuk sopan di jalan. Meski memang dalam tugasnya mau tidak mau agak mengganggu pengendara lainnya.

"Berjalan sopan, kayak masalah sirine tolong jangan terlalu dipakai, yang kedua sopan santunnya yang pentingnya keselamatan, yang kedua sirine bermain terus tidak berkenan, yang ketiga mau motong perjalanan orang harus sopan kayak acungi jempol, ya itu tanda sopan dikit lah untuk pengawal seperti itu biasanya," tuturnya.



Nanang juga berpesan kepada masyarakat agar saling mengerti. Artinya, Patwal juga seorang manusia biasa sama seperti masyarakat pada umumnya yang punya pekerjaan dan dituntut untuk bertanggung jawab atas pekerjaan tersebut.

"Jadi memang tugas Patwal ya sudah adanya seperti itu, memang harus dimengerti juga, kita kerja atas perintah dan ada landasannya juga dan lain-lain, ya kita saling jaga lah, saling mengerti," tutupnya.

Banyak Orang Kesal Sama Rombonga Patwal, Ini TanggapannyaFoto: Andhika Akbarayansyah
(khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed