Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 11 Januari 2018, 15:25 WIB

Meski Hujan Lebat, Patwal Tetap Gaspol

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Meski Hujan Lebat, Patwal Tetap Gaspol Patwal. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Sebagai anggota Patroli dan Pengawalan (Patwal), dibutuhkan keahlian mengendarai motor gede (moge). Selain itu juga dibutuhkan fokus dan konsenterasi yang kuat. Nah jika sedang dalam perjalanan mengawal lalu turun hujan lebat bagaimana, ya?

Karena salah satu tugas Patwal adalah mengawal orang penting di Tanah Air dalam perjalanan melakukan tugasnya, meski hujan turun seorang Patwal tidak berhenti sampai hujan berhenti atau berteduh. Apalagi jika kondisi terburu-buru.



"Jadi kalau perjalan itu butuh tepat waktu sampai ke tujuan itu tidak mungkin berhenti dulu kan, kalau memang hujan lebat beliau (pejabat yang dikawal) memerintahkan untuk ganti kulit istilahnya (pakai jas hujan), yaudah saya pakai jas hujan, rombongan tetap jalan saya nyusul, gitu," ujar Anggota Banit (Bintara unit) Patwal Polda Metro Jaya, Bripka Nanang, saat ditemui detikOto, di Jakarta.

Lanjut Nanang mengatakan, sebagai Patwal apalagi ditunjuk sebagai Walsus (Pengawal Khsusus) tidak bisa seperti orang-orang pada umumnya berhenti begitu saja saat hujan berhenti meski lebat. Sudah konsekuensi dari pekerjaan dan tanggung jawabnya.



"Memang gini, kalau dari titik awal sebelum perjalanan kalau belum hujan kan kita standby biasa, berpakaian seperti biasa nggak pakai jas hujan, kalau dalam aturannya mungkin kita harus terima di jalan, apa pun, mau hujan mau apa kita harus terima," tuturnya.

"Tapi kalau dari kebijaksanaan user (yang dikawal), sangat memperhatikan anggotanya yang mengawal kadang suka diperintahkan lewat ajudan, pengawal motor suruh minggir dan ganti baju pakai jas hujan," tambah Nanang.

Meski Hujan Lebat, Patwal Tetap GaspolFoto: Andhika Akbarayansyah
(khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed