Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 10 Januari 2018, 19:35 WIB

Pesan Tiket Bus AKAP Online Bisa Jauh-jauh Hari

Muhammad Idris - detikOto
Pesan Tiket Bus AKAP Online Bisa Jauh-jauh Hari Pesan Tiket Bus AKAP Online Bisa Jauh-jauh Hari Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam waktu dekat akan menerapkan pemesanan tiket online untuk bus-bus antar kota antar provinsi (AKAP). Tahap awal, pemesanan sistem ini akan dilakukan di terminal-terminal di Jakarta.

Presiden Direktur Sinar Jaya Group, Teddy Rusly, mengungkapkan adanya sistem tersebut membuat penumpang PO bus bisa memesan tiket jauh-jauh hari. Seperti yang sudah diterapkan sepenuhnya di kereta api dan pesawat.

"Kalau dengan ini ya saya kira bisa (pesan tiket bus) jauh-jauh hari. Bisa pilih tempat duduk kalau nanti dikembangkan lagi," ungkap Teddy kepada detikOto, Selasa (9/1/2018).

Menurut dia, Sinar Jaya sendiri ikut masuk dalam sistem payment gateway yang diinisasi Kemenhub tersebut. Namun yang pasti, hal ini bisa meningkatkan layanan penumpang, apalagi persaingan antar moda semakin kompetitif.

"Kita sudah masuk di sistem Kemenhub. Kita sudah ikut di situ. Saya kira itu menguntungkan. Tapi kita masih melihat, nantinya bagaimana responnya dari penumpang," kata Teddy.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiadi, mengatakan pemberlakuan pembelian tiket secara online ini sebagai langkah peningkatan kualitas layanan bus di terminal-terminal. Ini paralel dengan upaya Kemenhub yang tengah merevitalisasi sejumlah terminal.

"Ini upaya kita untuk peningkatan layanan penumpang bus antar kota antar provinsi. Makanya kita akan segera terapkan terobosan tiket online untuk penumpang bus, seperti yang sudah dinikmati penumpang kereta api dan pesawat," pungkas Budi. (idr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed