Rabu, 10 Jan 2018 15:31 WIB

Ini Kondisi Tersulit Seorang Patwal Saat Bertugas

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Ini Kondisi Tersulit Seorang Patwal Saat Bertugas Foto: Rachman Haryanto Ini Kondisi Tersulit Seorang Patwal Saat Bertugas Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Bukan cuma pekerja biasa yang punya situasi masalah tersulit dalam pekerjaanya. Anggota Patroli dan Pengawal (Patwal) pun juga punya situasi atau kondisi tersulit untuk dihadapi saat melakukan perjalanan pengawalan.

Bukan kesulitan dari orang jahat atau yang berbau ancaman yang sering menyulitkan seorang Patwal dalam tugasnya. Melainkan jika orang yang dikawal berikan perintah dadakan menuju ke suatu tempat.

"Contoh, ayok kita jalan internal modelnya internal, kita jalan tahu-tahunya di tengah jalan dikasih tahu kita mau ke sini, nah mau nggak mau tuh, kita jadi blank, kita kan nggak semua tahu, kadang saya nama jalan aja samar-samar, ingat di mana nama jalan itu tahu tapi lupa, ya itu," ujar Anggota Banit (Bintara unit) Patwal Polda Metro Jaya, Bripka Nanang, saat ditemui detikOto, di Jakarta.

Nah jika sudah begitu, secepat mungkin seorang Patwal mencari cara agar tidak salah. Biasanya kata Nanang, jika temui kondisi seperti itu, cara cepat mengantisipasinya adalah berkomunikasi dengan Wakil Pribadi (Walpri) yang ada di mobil pengawalan.

"Minta bantuan sama Walpri, tujuannya ke sini tolong buka google maps, tolong dipandu. Memanfaatkan teknologi juga, kita minta bantuan karena kita nggak bisa buka sendiri, kita kalau sudah dimotor kan nggak bisa ngapa-ngapain lagi, fokusnya ketemapt tujuannya dan berpikitr cari jalan yang aman nggak macet," paparnya.

Selain itu, lanjut Nanang mengatakan, untuk menghindari kondisi seperti itu biasanya sebelum berangkat dipersiapkan lebih dulu jalur yang paling baik, untuk memperkirakannya.

"Makanya kalau ada tujuan itu kita dapat jadwal kita cek dulu lewat mana yang enak, karena kita tahu jalan, sering di jalan sedikit tahu jalan, agak macet di sini, macet di sini, bisa jadi ukuran kita juga, harus punya perkiraan juga," tuturnya.

"Sering juga kaya gitu sebelum jalan. Kalau terdata yah kalau agendanya pasti, di luar tujuan internal," tutup Nanang. (khi/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Selasa, 19 Jun 2018 20:43 WIB
    Produsen mobil mewah Jerman, Audi, menunjuk Abraham Schot sebagai pengganti CEO Rupert Stadler yang ditahan oleh Kejaksaan Munich.
  • Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Selasa, 19 Jun 2018 19:18 WIB
    Kapten Timnas Inggris, Harry Kane, menjadi pahlawan buat Inggris. Bicara soal mobil, si kapten rupanya suka mobil keluarga, atau mobil SUV.
  • Kursi Bambu Pemudik Motor

    Kursi Bambu Pemudik Motor

    Selasa, 19 Jun 2018 17:19 WIB
    Meski tidak disarankan, pemudik masih banyak yang menggunakan motor. Agar lebih nyaman mudik, mereka memodifikasi motornya.
  • Skandal Dieselgate, Bos Audi Ditahan

    Skandal Dieselgate, Bos Audi Ditahan

    Selasa, 19 Jun 2018 15:21 WIB
    Otoritas Jerman menahan bos produsen mobil mewah Audi, Rupert Stadler, dalam kasus skandal emisi mobil diesel yang dikenal dengan dieselgate
  • Intip Suzuki Jimny Model Anyar

    Intip Suzuki Jimny Model Anyar

    Selasa, 19 Jun 2018 13:58 WIB
    Setelah beredar foto-foto spyshotnya, Suzuki mulai merilis gambar Jimny model baru. Mobil offroad legendaris itu akan diluncurkan di Jepang bulan depan.
  • Mulai Besok Tol JORR Naik Jadi Rp 15.000

    Mulai Besok Tol JORR Naik Jadi Rp 15.000

    Selasa, 19 Jun 2018 13:02 WIB
    Mulai Rabu (20/6/2018), tarif tol JORR baik jarak jauh maupun dekat akan dikenakan tarif yang sama. Tarif tol akan naik menjadi Rp 15.000 untuk golongan I.