Selasa, 19 Des 2017 10:11 WIB

Bus Tanpa Sopir Mulai Beredar di China

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Bus tanpa sopir di China. Foto: Dok. News.cn Bus tanpa sopir di China. Foto: Dok. News.cn
Shenzhen - Teknologi kendaraan bermotor bakal semakin maju. Salah satunya dengan lahirnya mobil tanpa sopir. Tak hanya mobil, bus pun bisa disematkan teknologi tanpa sopir.

Diberitakan Shanghaiist, di China bus tanpa sopir sudah mulai beredar. Tepatnya di kota Shenzhen, bus tanpa sopir sedang diuji di jalan raya.

Bus tanpa sopir itu mulai diuji belum lama ini. Bus itu melayani rute sejauh 1,2 kilometer dengan durasi tiga jam. Bus tanpa sopir tersebut pun mengangkut penumpang sebenarnya.

Bus tanpa sopir mampu bertindak dengan menghindari pejalan kaki, menambah dan mengurangi kecepatan, melakukan pengereman darurat, pindah lajur, serta menavigasi lampu lalu lintas. Selama pengujian, bus mampu berkendara secara otomatis. Demi keamanan, tetap ada sopir di dalamnya meski dia tidak menyentuh kemudi sama sekali.

Bus ini bisa menagngkut 19 orang penumpang. Kecepatan yang ditempuhnya sampai 40 km/jam. Menurut penumpang yang sempat menunggangi bus otonom, bus tersebut berjalan mulus meski ada sedikit komplain bahwa remnya terlalu kencang. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com