Jumat, 15 Des 2017 17:28 WIB

Siap Lahirkan Bus dan Truk Listrik, Hino?

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: Response Foto: Response
Tangerang - Kendaraan listrik akan menjadi tren kendaraan baru di seluruh dunia, semua jenis, termasuk bus listrik. Beberapa produsen seperti Fuso dan Daimler sudah membuat truk atau bus listriknya.

Bagaimana dengan Hino? Senior Executive Officer PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), Irwan D Sutanto mengatakan untuk saat ini Hino di Indonesia masih fokus untuk pasar yang ada sekarang.

"Karena kan kami ini di Indonesia, HMSI ini kan adanya dan pasarnya untuk Indonesia, saya melihat untuk bus listrik ini mungkin pasarnya masih jauh ke depan lah ya, tapi untuk pengembangan mungkin saja ada," ujarnya kepada wartawan, di Tangerang, Jumat (15/12/2017).

Namun ketika ditanya sejauh mana Hino melakukan pengembangan terkait mobil listrik, Irwan masih belum bisa mengkonfirmasinya. Yang jelas kata Irwan, pihaknya terus memperhatikan tren kendaraan listrik, termsasuk bus listrik tersebut.

"Mungkin di beberapa merek atau pabrikan membuat prototipe seperti itu (bus listik). Saya sendiri belum tahu pasti arahnya Hino, tapi sih kita memonitor lah," katanya.

Sementara itu, penjualan produk bus Hino sendiri terhitung dari Januari hingga November 2017 mencapai angka market share 77 persen atau berhasil menjual 1.261 unit. Di mana untuk bus tipe R260 jadi model paling banyak terjual sebanyak 925 unit, atau berkontribusi 73 persen dari total penjualan bus Hino selama periode tersebut.

"Dengan hasil penjualan ini menjadi bukti kehandalan dan ketangguhan bus Hino yang didukung layanan purna jual prima," kata Presiden Direktur HMSI, Hiroo Kayanoki.

(khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed