Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 26 November 2017, 07:23 WIB

Jalanan Khusus Kendaraan Listrik

Dina Rayanti - detikOto
Jalanan Khusus Kendaraan Listrik Jalanan Khusus untuk Kendaraan Listrik (Foto: BMW)
Beijing - Salah satu faktor yang membuat kendaraan listrik belum terlalu berkembang adalah tempat pengecasan yang tersedia dalam jumlah terbatas. Sehingga jika jalanan macet, maka bisa menimbulkan kekhawatiran pengendara baterai bakalan habis dan mobil jadi mogok di jalan.

Salah satu pabrikan mobil yang cukup konsen terhadap perkembangan mobil listrik yakni BMW sedang melakukan riset untuk membangun jalan khusus diperuntukkan bagi mereka pemilik kendaraan listrik. Seperti dilansir Motor1, Minggu (26/11/2017), hal itu dipercaya bisa mengurangi kemacetan di jalan sehingga penggunaan kendaraan listrik lebih efektif.

Konsep jalanan khusus kendaraan listrik yang disapa Vision E³ Way muncul dari BMW Group Technology Office China. Nantinya jalan itu dibangun berhubungan dengan transportasi umum dan pusat perbelanjaan.

Kecepatan kendaraan melintas di sana juga dibatasi hanya 25 km/jam saja karena dipercaya dapat mengurangi tingkat kecelakaan.

Jika tak memiliki kendaraan listrik nantinya masyarakat yang ingin melewati jalan itu bisa menyewanya. Di atas jalanan terdapat atap sehingga melindungi dari panas dan hujan.

Ada juga sistem pendingin yang dikelola dari air hujan untuk menjaga temperatur udara agar lebih dingin. Jalanan macet membuat orang kurang begitu nyaman menaiki transportasi umum. Mereka lebih memilih untuk mengendarai kendaraannya sendiri. Itu membuat polusi justru semakin bertambah. (dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +